3 Fitur Pencetak Dokumen di Tablet iPad

Selama menggunakan tablet iPad, apakah kamu pernah menggunakan fitur pencetak dokumen yang tersimpan di tablet iPad ini? Jika belum pernah, mulai dari sekarang coba deh kamu memanfaatkan fitur canggih yang ditawarkan oleh tablet besutan Apple ini. Mengapa? Yup, selain mempermudah kamu ketika hendak mencetak sebuah dokumen, kamu pun tidak membutuhkan lagi yang namanya mengedit dokumen langsung dari sebuah laptop.

Yang paling mengesankannya, dengan adanya fitur pencetak ini, maka kamu bisa langsung mencetak semua dokumen yang akan di print melalui tablet iPad, tanpa harus menunggu laptop yang terkadang bisa saja digunakan oleh keluarga untuk mencari tugas di layanan internet rumah.

Tablet iPad

Lalu, apa sajakah fitur di tablet iPad yang bisa kamu manfaatkan untuk mencetak dokumen ini? Yuks, langsung saja kamu simak di bawah ini:

  1. Airprint. Airprint merupakan salah satu fitur yang langsung menghubungkan iPad dengan perangkat printer. Apabila kamu sudah memiliki fitur canggih ini, kamu pun tidak perlu lagi meng-install ulang fitur tambahan agar bisa terkoneksi dengan printer. Dengan fitur Airprint ini, kamu bisa mencetak berbagai dokumen seperti email, web page, dan lainnya. Cara menggunakan fitur ini juga sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menyambungkan perangkat iPad dengan Printer menggunakan Wifi, lalu pilih dokumen yang mau kamu cetak dan secara otomatis dokumen kamu akan langsung ter-print dengan sempurna.
  2. Printopia. Nah, apabila kamu tidak memiliki printer yang langsung dihubungkan dengan Airprint yang ada di dalam iPad. Kamu bisa memanfaatkan fitur lain dengan nama Printopia. Printopia sendiri adalah sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mem-print dokumen dari tablet iPad, yang biasanya bisa dipasang secara berbayar maupun gratis. Untuk memasang fitur ini, kamu tinggal memakai software MacOs dan langsung disambungkan dengan Wifi dan setelah itu dokumen yang mau dicetak pun akan dicetak dengan sendirinya.
  3. Google Cloud Print ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencetak dokumen langsung dari tablet iPad. Hanya saja, saat menggunakan fitur ini, kamu harus melakukan banyak cara yang terbilang sedikit ribet. Dimana, langkah pertama kamu harus membuka Google Chrome di PC, lalu kamu menekan tombol dot (.) kecil di bagian pojok atas dan klik Settings. Setelah itu, pilih menu Show Advanced Settings, kemudian langsung mengambil Google Cloud Print dengan mengklik Manage. Selanjutnya, kamu langsung memilih fitur Classic Printer dan pilih Add Printer. Apabila sudah muncul kata-kata Thanks, you are ready to go, maka itu artinya dokumen kamu akan di print secara otomatis.

Itulah beberapa fitur pencetak dokumen yang terdapat di dalam tablet iPad. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE