3 Jenis Polis Asuransi Jiwa

asuransi-jiwa-ilustrasi-_121011094858-545Kebutuhan untuk mengambil asuransi jiwa sebenarnya berbeda-beda tergantung pada situasi seseorang. Bila Anda tidak memiliki tanggungan, maka mungkin Anda merasa tidak akan memerlukannya. Bila Anda tidak berkontribusi dalam pemasukan atau pendapatan keluarga Anda, maka Anda mungkin tidak memerlukan asuransi jiwa ini.

Beda lagi bila ternyata pendapatan Anda memang penting dalam mendukung keuangan keluarga, atau untuk membayar tagihan KPR dan biaya lainnya, hingga menyekolahkan anak hingga kuliah. Maka asuransi merupakan hal yang penting dimiliki demi memastikan dan mengamankan kebutuhan keuangan keluarga tersebut ketika Anda meninggal dunia.

Salah satu yang menjadi pertanyaan atau pertimbangan dalam asuransi adalah besaran asuransi yang harus diambil. Sebenarnya tidak ada aturan pasti dalam mengambil jumlah asuransi yang diperlukan, karena semua itu tergantung kebutuhan serta faktor lainnya seperti penghasilan Anda lainnya di luar penghasilan utama, berapa banyak tanggungan yang dimiliki, hutang yang dimiliki, serta gaya hidup Anda. Biasanya orang mengambil besaran asuransi sekitar 5 hingga 10 kali dari jumlah pendapatan per tahun.

Selain besaran asuransi, pertimbangan lainnya memilih perusahaan asuransi jiwa terbaik berikut juga  jenis atau tipe asuransi jiwa yang akan diambil. Setidaknya ada 3 jenis atau polis asuransi jiwa yang bisa diambil, yakni Whole life Insurance, Term Life Insurance, dan Endowmnet Insurance.

Whole Life Insurance

Whole Life Insurance atau asuransi jiwa seumur hidup adalah asuransi jiwa dengan perlindungan untuk seluruh hidup. Pada asuransi ini selain memberikan pertanggungan asuransi setelah tertanggung meninggal, asuransi ini juga memiliki unsure tabungan. Jenis asuransi ini cocok bagi mereka yang:

  • Mereka yang memiliki kebutuhan untuk mempersiapkan warisan.
  • Membutuhkan perlindungan keuangan dalam jangka panjang.

Term Life Insurance

Pada Term Life Insurance atau asuransi berjangka, memberikan manfaat perlindungan keuangan bila tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu tertentu. Asuransi ini cocok bagi:

  • Membutuhkan proteksi sementara.
  • Memiliki pendapatan yang kecil tapi membutuhkan perlindungan.
  • Tertarik pada perlindungan besar dengan premi yang rendah.

Endowmnet Insurance

Sementara Endowment Insurance atau asuransi dwiguna memberikan manfaat asuransi atau pertanggungan finansial kepada tertanggung ketika meninggal dunia atau pada saat tanggal yang ditentukan meski tertanggung masih hidup pada waktu yang telah ditentukan. Asuransi ini cocok untuk mereka yang:

  • Berniat mempersiapkan dana pensiun.
  • Tertarik untuk melakukan tabungan jangka panjang.
  • Berniat mempersiapkan dana pendidikan anak.

(raw)

One thought on “3 Jenis Polis Asuransi Jiwa

  1. Pingback: Keuntungan Menggunakan Asuransi Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE