3 Tipe Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang apabila pemegang polis asuransi meninggal dunia, maka biasanya pihak asuransi akan membayarkan sejumlah uang. Hampir sama dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa yang bisa dibuat melalui berbagai macam perusahaan asuransi ini pun memiliki banyak tipe. Dari setiap tipe yang terdapat di dalam asuransi jiwa ini, mempunyai perbedaan sekaligus manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan pembuat polis.

Asuransi Jiwa

Berikut ini adalah tiga tipe asuransi jiwa berikut dengan manfaat yang diberikan kepada pemegang polis asuransi.

  1. Asuransi jiwa dwiguna. Asuransi Jiwa Dwiguna atau bisa disebut dengan endowment insurance adalah sebuah tipe asuransi yang di dalamnya pemegang polis bisa mengunakan asuransi ini untuk menabung maupun membayar uang asuransi setiap bulannya. Maksudnya, asuransi dengan tipe ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan semisal untuk menabung uang agar pendidikan anak nantinya terjamin, dijadikan sebagai dana untuk masa mendatang, maupun lainnya. Menariknya, apabila tipe asuransi jiwa yang satu ini sudah berakhir, namun pihak pembuat asuransi belum meninggal dunia maka biasanya pemegang polis akan diberikan sejumlah uang sesuai dengan jumlah uang asuransi yang sudah dibayarkan.
  2. Asuransi jiwa seumur hidup. Berbeda dengan asuransi jiwa dwiguna, asuransi jiwa seumur hidup atau dikenal dengan nama whole life insurance ini diperuntukkan untuk orang yang mau memberikan perlindungan asuransi untuk hidupnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan memiliki asuransi jiwa seumur hidup ini, Anda tidak hanya dapat membayarkan jaminan asuransi untuk jiwa, namun dapat pula dijadikan sebagai tabungan untuk menjamin sekaligus dipakai untuk membayar tagihan rumah sakit apabila Anda dalam keadaan darurat.
  3. Asuransi jiwa berjangka. Untuk asuransi jiwa berjangka (term life insurance) ini, biasanya pemegang asuransi hanya akan diberi kontrak selama 5, 10, sampai dengan 20 tahun. Meski, dengan masa kontrak yang sudah ditentukan, namun nantinya pemegang polis asuransi tetap akan memperoleh sejumlah uang sesuai dengan perjanjian yang sudah ditentukan kedua belah pihak. Mungkin, asuransi jiwa bertipe cocok untuk Anda yang memiliki pengeluaran cukup besar, namun tetap ingin membuat asuransi.

Itulah sedikit perbedaan dan manfaat yang diberikan oleh beberapa tipe dari asuransi jiwa. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE