4 Cara Jitu Irit Kuota Internet di Android

hidup hematPernah tidak, saat kondisi keuangan sedang tiris tapi kamu harus terpaksa beli kuota internet karena ternyata kuota internetmu mendadak habis? Padahal, kamu sudah sering mengincar hotspot gratis demi bayar internet murah. Namun ternyata, tetap saja kuota internetmu sudah habis di waktu yang tidak diharapkan. Terkadang, memang ada kebiasaan dalam memakai smartphone yang tidak disadari dan memakan jatah kuota internetmu. Karena itu, supaya kamu bisa lebih irit kuota, sebaiknya terapkan beberapa tips berikut ini!

  • Aktifkan peringatan penggunaan mobile data

Supaya kamu tidak lupa dan kebablasan surfing di internet, sebaiknya kamu mengaktifkan peringatan penggunaan mobile data di Android-mu. Dengan fitur data usage pada platform Android ini, kamu dapat menerima warning ketika pemakaian kuota internet sudah melampaui batas. Untuk mengaktifkannya, coba masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit.

  • Batasi penggunaan background data

Penggunaan background data seringkali menjadi penyebab kenapa kuota internetmu cepat habis. Meskipun sepele, banyak pengguna Android yang tidak menyadarinya. Karena itu, jangan lupa untuk mematikan penggunaan background data agar kamu bisa lebih menghemat kuota internet. Namun, kamu harus rela tidak mendapatkan notifikasi dari aplikasi tertentu dengan cepat ya. Cara menonaktifkan background data adalah seperti ini; Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

  • Nonaktifkan update otomatis

Untuk menghemat kuota internet, jangan lupa juga untuk menonaktifkan update aplikasi secara otomatis di androidmu. Terkadang karena kamu lupa mengatur update otomatis, beberapa aplikasi akan terupdate dengan sendirinya tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Alhasil, kuota internetmu jadi termakan banyak. Maka dari itu, aturlah upadate aplikasi. Jangan pilih option yang mengizinkan aplikasi terupdate secara otomatis kecuali saat tersambung dengan Wifi.

  • Sebaiknya jangan pakai browser bawaan smartphone

Nah, banyak yang belum tahu nih kalau untuk menghemat kuota, ternyata kamu harus memilih browser yang lebih efisien. Jika browser yang kamu gunakan kurang efisien dan memakan waktu uang lama untuk loading, maka kuota internet juga dapat terkuras. Oleh karena itu, sebaiknya unduh browser yang lebih efisien di smartphone-mu, misalnya seperti Opera Mini atau Google Chrome. (Source: cermati.com)

Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE