4 Komponen Alat Berat Yang Butuh Perhatian Khusus

Spare Part Alat BeratJika Anda bekerja di bidang konstruksi dan berhubungan langsung dengan alat berat, sebaiknya mulai memperhatikan hal ini. Beberapa komponen alat berat mulai dari bahan bakar, pelumas, roda, hingga spare part alat berat merupakan bagian yang cukup krusial dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengapa demikian? Sebab jika salah satu dari komponen ini tidak bekerja dengan sebagaimana mestinya, maka kinerja alat berat milik Anda pun tidak akan berjalan mulus.

  1. Bahan bakar. Setiap alat berat memiliki bahan bakar yang berbeda-beda dengan jumlah yang berbeda pula. Ada yang menggunakan bensin dan ada pula yang menggunakan solar. Kedua jenis bahan bakar ini akan digunakan dengan jumlah yang berbeda-beda setiap jamnya. Semakin besar nilai aktivitasnya selama sejam, maka semakin banyak pula bahan bakar yang digunakan untuk dapat beroperasi. Oleh sebab itu, akan lebih bijak jika kita mempertimbangkan hal ini sebelum mulai mengoperasikan alat berat. Melakukan perhitungan dengan cermat akan menghindarkan kita dari risiko overbudget dalam pembukuan.
  2. Sama seperti kendaraan bermotor lainnya, alat berat juga butuh pelumas untuk melindungi setiap komponen mesinnya. Pelumas untuk kendaraan bermotor dan untuk alat berat tentunya sangat berbeda. Ada zat-zat kimia dan senyawa yang tidak bisa digunakan untuk kendaraan bermotor dan sengaja diformulasikan khusus untuk alat berat. Pilihlah pelumas yang memang sesuai dengan spesifikasi alat berat kita dan terkenal dengan kualitasnya yang baik. Perkirakan juga berapa lama penggunaan pelumas hingga harus dilakukan penggantian.
  3. Biasanya, roda atau ban merupakan komponen yang akan sering mengalami penggantian dan membutuhkan perhatian yang lebih detail. Mengapa begitu? Sebab roda atau ban menjadi titik pusat pergerakan dari alat berat sehingga akan cepat aus jika tidak diganti secara berkala. Tentunya Anda bisa bayangkan bahwa alat berat milik kita beroperasi setiap harinya, berpindah dari satu titik ke titik, dan membawa beban yang cukup berat. Hal ini tentunya akan berdampak pada bagian roda sehingga kita harus memberikan perhatian berlebih untuk melakukan perawatan.
  4. Spare part. Bukan menjadi rahasia umum bahwa harga spare part dari alat berat sangatlah tinggi. Untuk itu, untuk menekan pengeluaran dari keharusan untuk membeli suku cadang, sebaiknya kita mulai menerapkan perawatan alat berat secara berkala untuk memperbaiki sekaligus menjaga suku cadang agar kualitasnya tetap prima. Perawatan ini memang tidak bisa dilakukan selamanya sebab mau bagaimanapun, alat berat kita membutuhkan penggantian suku cadang setidaknya beberapa waktu sekali. Namun demikian, cara ini akan sangat membantu Anda untuk memaksimalkan performa alat berat sekaligus melakukan penghematan.

Nah, itu dia beberapa bagian dari alat berat yang membutuhkan perhatian khusus. Keempat bagian itu perlu mendapatkan perawatan secara berkala agar performa alat berat milik Anda tetap prima dan terjaga kualitasnya. (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE