5 Cara Unik Menyantap Pisang Ala Makassar

Buah PisangMakassar bisa menjadi destinasi wisata yang menarik, lho. Kota utama di Sulawesi Selatan ini menyimpan berbagai macam daya tarik mulai dari tempat rekreasi hingga kuliner. Banyak makanan unik di Makassar yang rasanya menggugah selera. Apalagi, jika kamu menginap di hotel berbintang di Makassar, pasti mereka menyajikan kuliner terbaik khas Makassar.

Nah, bagi kamu penyuka buah pisang, kamu wajib menjelajahi kuliner di Makassar. Karena banyak sekali sajian nikmat khas Makassar yang menggunakan bahan dasar pisang. Penasaran ingin coba? Catat nama makanan di bawah ini ya!

  • Es Pisang Ijo

Sajian yang satu ini pasti sudah terdengar familiar di telingamu ya. Yup, es pisang ijo memang sudah cukup terkenal di berbagai kota. Es pisang ijo merupakan pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau, kemudian disajikan bersama kuah kental yang menyerupai bubur sumsum, dan ditambah es dan sirup. Hmm, segar dan cocok disantap saat cuaca panas.

  • Es Palu Butung

Pernah menyantap sajian yang satu ini? Es palu butung ini hampir sama dengan es pisang hijau. Bedanya, pisang di dalam es palu butung tidak dibalut dengan adonan hijau. Jadi buat yang kurang suka dengan adonan hijaunya, kamu bisa nikmati es palu butung.

  • Pisang Epe

Pisang Epe merupakan pisang bakar khas Makassar yang cukup terkenal. Epe’ sendiri berarti jepit dalam bahasa Makassar. Sebelum dibakar, pisang kepok memang dijepit terlebih dahulu dengan menggunakan dua belah kayu. Baru kemudian, dilumuri dengan saus manis berbahan dasar gula aren. Namun, sekarang varian saus pisang epe sudah bervariasi, ada durian, keju, coklat dan lainnya.

  • Pisang Peppe’

Meskipun terdengar mirip, pisang peppe’ beda sangat berbeda dengan pisang epe. Dalam sajian ini, pisang digeprek dan digoreng. Pisang yang digunakan merupakan pisang yang belum terlalu matang sehingga akan terasa lebih renyah saat digoreng. Uniknya, pisang goreng ini disajikan bersama sambal. Hmm, paduan manis dan pedas, penasaran untuk coba?

  • Barongko

Adalagi sajian khas Makassar yang berbahan dasar pisang, yaitu barongko. Makanan ini merupakan pisang yang dihaluskan lalu dicampur dengan telur, santan, gula, dan garam kemudian dikukus dengan menggunakan daun pisang.

Itu dia beberapa makanan khas Makassar dengan bahan dasar pisang. Yuk liburan ke Makassar dan cicipi masing-masing makanan lezat di atas! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE