5 Kiat Meningkatkan Minat Belajar Pada Anak

Dampingi Anak BelajarKetika mendengar kata “belajar”, sebagian anak langsung membayangkan hal-hal yang membosankan. Padahal, belajar sebenarnya tidak selalu membosankan. Kita bisa lho, membuat belajar jadi hal yang menarik dan disukai oleh anak. Misalnya: ketika Anda menyuruh anak untuk belajar dari text book sendiri, mungkin ia tidak akan melakukannya. Namun, ketika Anda mengajaknya ke tempat wisata edukasi anak di Jakarta, biasanya ia akan lebih tertarik. Minat belajar itu sebenarnya juga tergantung dengan bagaimana cara pendekatan kita terhadap anak. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba untuk membantu meningkatkan minat belajar anak:

  • Tidak melalui paksaan

Terkadang memang sulit menyuruh anak untuk belajar. Namun, bukan berarti Anda berhak memaksanya. Semua yang dilakukan karena paksaan hasilnya tidak akan maksimal. Mungkin saja anak Anda dapat memahami apa yang ia pelajari, tetapi belum tentu ia merasa senang dengan hal tersebut. Oleh sebab itu, cobalah pahami kondisi anak dan jangan hanya berfokus pada hasil, tapi juga proses.

  • Jangan larang anak bermain

Sebenarnya, apa saja sih hak anak itu? Salah satu hak anak yang sering terlupakan adalah bermain. Mungkin selama ini Anda terlalu fokus untuk menyuruhnya belajar sampai lupa kalau ia masih merupakan anak-anak yang butuh bermain. Memenuhi hak bermain anak merupakan salah satu hal yang dapat membantu proses belajar. Jika bermain dan belajar tidak seimbang, biasanya anak akan mudah bosan saat belajar dan justru akan benci untuk melakukannya.

  • Cari cara yang menyenangkan

Jika ingin membuat anak senang belajar, mengapa tidak mengajarkannya dengan cara yang menyenangkan? Ada banyak cara yang bisa Anda coba: mulai dari mengajaknya belajar sambil bermain, belajar sambil berekreasi dan belajar sambil berkarya.

  • Cari tahu minat dan bakat

Sejak dini, Anda perlu memperkenalkan anak dengan banyak hal sehingga Anda tahu apa minat dan bakatnya. Jika sudah tahu apa yang anak minati, Anda akan lebih mudah menemukan metode belajar yang tepat untuknya. Sebaiknya Anda mengarahkan pembelajaran kepada minat dan bakatnya supaya anak pun antusias saat belajar.

  • Beri apresiasi

Selain mencari metode dan memberikan pemahaman dan pengertian tentang belajar, Anda juga perlu memberi apresiasi ketika anak berhasil mencapai sesuatu yang membanggakan. Dengan demikian, anak akan termotivasi untuk belajar. (Rima)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE