5 Persiapan yang Wajib Dilakukan Sebelum Touring Sepeda Motor

touringBukan hanya sekadar mengganti oli dengan oli motor terbaik, ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebelum menjalain touring dengan teman-teman atau komunitas sepeda motormu. Touring sepeda motor bukan merupakan hal yang bisa dianggap santai, bahkan meski kamu sudah pernah melakukannya sebelumnya. Tetap saja persiapan harus dilakukan secara matang dan tak boleh ada yang terlewat. Nah, ini dia hal-hal penting yang wajib kamu persiapkan sebelum touring!

Pastikan tidur cukup

Jangan sampai saking excited-nya kamu, sampai-sampai kamu tidak bisa tidur di malam sebelum keberangkatan. Padahal, musuh terbesar yang akan kamu hadapi saat touring biasanya adalah rasa kantuk. Bayangkan saja kalau harus menyetir selama berjam-jam nonstop sedangkan kamu belum tidur cukup? Pastinya akan super melelahkan. Selain melelahkan, menyetir saat ngantuk juga dapat membahayakan keadaanmu dan pengendara di sekitarmu.

Cek kembali kondisi motor

Meski kemarin-kemarin sudah mengecek kondisi motor, pastikan kamu mengecek lagi kondisi motor beberapa saat sebelum berangkat. Pastikan semua komponen berjalan dengan normal. Tak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu untuk mengecek komponen penting seperti busi, lampu, ban, rem, atau klakson.

Pastikan kamu sudah tahu arah

Memang saat melakukan touring kamu tidak harus selalu mengetahui arah. Apalagi jika kamu memiliki teman yang sudah hafal arah jalan, pasti kamu akan mengandalkannya. Namun, akan lebih baik jika kamu tetap mencari tahu dulu kondisi lalu lintas dan jalan yang akan kamu hadapi. Maka dari itu, sempatkanlah untuk membuka peta atau peta online dan pahami rute yang akan kamu tempuh serta durasi yang diperlukan.

Bawa aksesoris berkendara

Aksesoris touring juga jangan sampai kelupaan, lho. Perlengkapan seperti kacamata, masker wajah, sarung tangan, dan lain-lain juga merupakan hal penting yang tidak boleh ketinggalan karena dapat memengaruhi keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Bawa kelengkapan dokumen

Terakhir, yang tak kalah penting, bawalah dokumen-dokumen penting dengan lengkap. Jangan sampai kamu lupa membawa STNK atau SIM. Pastikan juga kamu menyimpannya di tempat yang aman agar tidak terselip dan hilang.

Nah, jangan lupa untuk nikmati perjalanan dan jangan ngebut. Enjoy your ride! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE