Agar ASI Lancar, Praktikkan Cara Ini!

ASI kurang lancar adalah salah satu masalah yang sering dihadapi pada masa menyusui. Padahal sudah rutin mengonsumsi minuman pelancar ASI yang dipercaya mampu meningkatkan produksi air susu ketika menyusui, tapi masalah ini tetap saja muncul. Baiknya, Ibu mempraktikkan beberapa cara mudah memperlancar ASI yang kami rekomendasikan di artikel berikut ini. Selain mudah, dengan mengikuti cara ini, maka Ibu pun tidak perlu lagi yang namanya pusing memikirkan apakah ASI yang diberikan cukup untuk sang buah hati.

Agar ASI Lancar

Adapun beberapa cara yang bisa dipraktikkan agar ASI selalu lancar adalah sebagai berikut, dirangkum melalui alodokter.com:

  1. Supaya air susu semakin berlimpah, alangkah baiknya Ibu memberikan ASI secara terus menerus pada bayi. Selain membuat bayi kenyang, dengan melakukan ini dianggap mampu memperlancar produksi ASI saat menyusui sang buah hati.
  2. Untuk mengatasi agar ASI tidak berkurang, maka Ibu harus mencukupi waktu istirahat sesuai dengan ketentuan. Dimana, istirahatlah sebanyak delapan jam perhari.
  3. Apabila Ibu adalah seorang pekerja yang delapan jam berada di luar rumah, sebaiknya pompalah ASI dengan bantuan pump breast. Dan setelah selesai memompa bisa langsung diletakkan di dalam freezer khusus untuk ASI. Saat pulang ke rumah, Ibu bisa langsung memberinya ke bayi.
  4. Penuhi kecukupan nutrisi dengan cara selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti salad buah, sayur, kentang, ikan, telur, kacang, roti gandum utuh, sereal, kedelai, nasi, keju, dan masih banyak yang lainnya.
  5. Selama menyusui, tentunya Ibu pernah dilanda stress hebat? Namun, tahukah Ibu, jika ternyata stress menjadi faktor utama yang bisa membuat ASI tidak lancar? Maka dari itu, atasilah kondisi ini dengan cara melakukan relaksasi ringan atau mendengarkan musik kesukaan. Dengan begini, tentu ASI pun lancar sesuai dengan keinginan.
  6. Pastikan Ibu tidak mengalami cemas berlebih. Sebab, jika ini terjadi bisa memicu berkurangnya produksi air susu, sehingga bayi pun kekurangan asupan nutrisi yang didapatkan melalui ASI.
  7. Perbanyak meminum air putih sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang mana sebanyak delapan gelas perhari.

Itu sedikit cara mudah melancarkan ASI ketika menyusui yang bisa Ibu ikuti. Selamat mencoba ya, Bu! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE