Agar Printer Anda Awet dan Tidak Mudah Rusak

Saat Anda memutuskan untuk membeli printer di toko jual printer id card, Anda mungkin akan bertanya mengenai garansi dan langkah yang harus Anda lakukan ketika printer mengalami masalah. Hal ini bertujuan agar toko menjual barang yang berkualitas dan bertanggungjawab ketika timbul sebuah masalah.

Merawat Printer

Meskipun begitu, bukan berarti Anda sebagai pemilik lantas tidak melakukan perawatan dan hanya berharap dari tanggungjawab toko saja atas kondisi printer yang dibeli. Sebab, ketika printer mengalami kerusakan Anda dan toko mau bertanggungjawab memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru sekalipun, Anda sendirilah yang sebenarnya akan dirugikan. Anda harus datang dan membawa printer ke toko, dan menunggu selama printer sedang dilakukan pemeriksaan. Sangat membuang waktu bukan?

Sebenarnya merawat printer agar selalu awet dan tidak mudah rusak sangatlah mudah dilakukan. Anda tinggal membaca buku panduan yang Anda dapat pada saat membeli printer. Selain itu, beberapa cara berikut ini juga dapat membantu Anda:

  • Pemakaian Yang Teratur. Jika Anda baru membeli printer dan ingin printer Anda awet dan tidak mudah rusak, maka sebaiknya Anda harus memakainya secara rutin dan teratur, sekurang-kurangnya satu kali dalam seminggu. Printer yang jarang digunakan biasanya akan menyebabkan tinta kering dan hal itu akan menyebabkan tersumbatnya aliran tinta pada catridge.
  • Menjaga kebersihan printer. Agar printer Anda awet dan tidak mudah rusak, alangkah baiknya setelah Anda selesai menggunakan printer jangan dibiarkan terbuka begitu saja, selalu tutup printer dengan pelindung (cover) plastik agar kotoran serta debu tidak menempel ke printer. Sebab pada beberapa jenis printer tertentu dapat mengalami kerusakan bila kemasukan debu kecil.
  • Gunakan kertas yang cocok. Beberapa tipe printer tidak mampu menarik kertas yang kusut dan terlalu tebal. Jadi pastikan kertas yang Anda gunakan cocok agar tidak tersangkut di dalam printer nantinya.
  • Hindari menyentuh chip cartridge. Menyentuh chip cartridge secara langsung menggunakan tangan Anda dapat membuat terjadinya kerusakan pada alat tersebut. Oleh sebab itu, janganlah Anda menyentuh chip cartridge printer Anda.
  • Jangan isi tinta terlalu full. Bagi Anda pengguna printer non infus maka janganlah mengisi tinta terlalu, sebab hal ini dapat membuat kebanjiran pada mesin printer dan membuatnya cepat rusak.
  • Matikan printer secara benar. Mematikan printer secara benar yaitu dengan menekan tombol power. Dengan menekan tombol power pada saat mematikannya, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya.

Anda sudah tahukan bagaimana cara agar printer Anda tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga Bermanfaat. –Sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE