Ajari Anak Belajar Pentingnya Kejujuran

Dampingi Anak BelajarKejujuran merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Mungkin Anda berpikir, mencari orang yang jujur saat ini sangat sulit. Bahkan, banyak yang merasa jika sampai dompet atau ponselnya tertinggal di satu tempat saat sedang berada di Taman Edukasi Untuk Keluarga, Anda harus merelakannya hilang selamanya karena pasti sudah ada yang mengambilnya.

Memang, mencari orang yang jujur saat ini sulit, tetapi bukan tidak ada sama sekali. Sebab, jika sifat ini diajarkan sedari kecil, maka akan terbawa hingga dewasa. Anak yang sudah terbiasa untuk jujur, akan merasa tidak nyaman ketika harus berbohong meskipun hanya untuk hal yang kecil. Nah, untuk mengajarkan anak agar memiliki sifat ini juga sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa mencobanya dengan memulai dari diri sendiri. Artinya, Anda juga harus bersikap jujur dan memberikan contoh langsung pada anak.

Sayangnya, hal ini sering kali luput dari perhatian orangtua. Contoh paling sederhananya, Anda sedang berkendara dengan anak dan melakukan pelanggaran lalu lintas. Ketika polisi menilang Anda, Anda justru berusaha untuk menyerahkan sejumlah uang pada polisi tersebut agar tidak ditilang. Entah polisi tersebut menerima atau tidak, tetapi secara langsung Anda telah menunjukkan contoh yang buruk pada anak. Sebab, orangtua selalu menjadi role model bagi anak.

Selain itu, ada satu hal lain juga yang seringkali dilakukan orangtua dan memicu anak melakukan kebohongan, yaitu ketika anak melakukan kesalahan. Cukup banyak orangtua yang akan langsung memarahi anaknya saat melakukan kesalahan. Tidak hanya memarahi, tetapi juga hingga menghukum anak. Hal ini akan membuat anak takut mengakui kesalahannya. Lebih parahnya lagi, rasa takut itu bisa membuat anak mengorbankan orang lain atas kesalahan yang dilakukannya. Misalnya, ketika anak merusak suatu benda saat bermain dengan temannya, anak bisa saja menyalahkan temannya karena takut dimarahi. Ada baiknya, jika anak melakukan suatu kesalahan dan sudah berani mengakuinya, Anda menghargai kejujurannya. Namun, Anda tetap harus memberitahunya bahwa anak sudah melakukan kesalahan dan lain kali harus berhati-hati.

Anda juga bisa mengajarkan anak mengenai kejujuran di Kidzania Jakarta. Di tempat ini, Anda bisa mengajak anak ke establishment Bank of Kidzania. Di establishment ini anak akan berhubungan dengan uang (KidZos) yang disimpan oleh para nasabah. Anak akan belajar pentingnya bersikap jujur dan menjaga amanah untuk menjaga serta menyimpan semua uang yang diterima dari nasabah. Tidak hanya itu saja, di establishment ini anak juga akan belajar berbagai hal penting lainnya, seperti bersosialisasi dan bertanggung jawab atas tugas dari peran yang dipilihnya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE