Aki Motor Cepat Soak ? Mungkin Ini Penyebabnya!

Aki motor merupakan komponen kendaraan yang sangat penting sebagai media media penyimpanan sumber listrik untuk kendaraan. Fungsinya ini tentu sangat penting, dimana aki motor ini digunakan untuk starter mesin, penerangan atau lampu, klakson, bahkan hingga aksesoris motor lainnya. Tidak hanya digunakan saja, sumber kelistrikan utama dari aki motor ini juga membutuhkan perawatan yang rutin. Sehingga umur aki motor bisa panjang dan tahan lama untuk digunakan selama mungkin.

Aki MotorAki motor yang kita sama-sama ketahui memang ada dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Umur penggunaan kedua jenis aki motor tersebut terbilang sama dimana antara 1.5 tahun hingga 2 tahun. Namun tidak jarang bisa melebihi umur penggunaan, itupun jika perawatan aki motor dilakukan secara rutin. Akan tetapi tidak jarang juga aki motor bisa mati ataupun soak sebelum masa pengunaannya mencapai 1,5 atau 2 tahun. Tentu ini pasti ada penyebabnya mengapa hal ini bisa terjadi, aki motor cepat soak ? Mungkin ini penyebabnya :

  • Body aki motor terlihat sudah menggembung. Jika seperti ini kondisinya, maka ini bisa diakibatkan adanya peningkatan gas hidrogen dikarenakan pengisian air aki yang terlalu berlebihan. Ini tentu berbahaya dan menjadi pemicu terjadinya ledakan. Supaya itu tidak terjadi, maka cara terbaik adalah dengan langsung mengganti dengan aki motor yang baru.
  • Lampu motor redup. Bisa dilihat bahwa aki motor sudah rusak dengan melihat cahaya lampu yang redup. Untuk lebih jelasnya, lakukan tes dengan menghadapkan sepeda motor ke dinding dan kemudian nyalakan mesin motor dan juga lampu. Apabila terlihat redup, maka segera isi air aki tersebut dan mengganti dengan aki yang baru. Apalagi sekarang ada peraturan yang mewajibkan para pengendara sepeda motor menyalakan lampu ketika berkendara baik pagi, siang dan juga malam. Jika tidak dinyalakan, maka siap-siap akan diberhentikan dan kemudian ditilang oleh polisi lalu lintas.
  • Jangan biarkan sepeda motor tidak digunakan dalam beberapa hari tanpa dipanaskan. Hal ini bisa menyebabkan energi listrik pada aki akan berangsur-angsur berkurang dan akibatnya aki menjadi cepat soak. Jika memang tidak digunakan, minimal untuk selalu dipanaskan saja 5 – 10 menit.
  • Untuk jenis aki basah, baik kekurangan ataupun kelebihan air accu maka ini hal utama yang menyebabkan aki motor cepet soak. Oleh karena itu, selalu cek air accu secara berkala untuk menghindari kekurangan. Ketika mengisi air accu pun harus diperhatikan, jangan sampai berlebihan.

Jika sudah tahu akan beberapa penyebab aki menjadi cepat soak, maka kita akan lebih memperhatikan kondisi aki tersebut. Sehingga ketika terlihat salah satu penyebab di atas, maka kita akan cepat untuk membereskannya. Semoga ini bisa berguna bikers!

Selamat mencoba.. -apuy-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE