Alasan Mengapa Pembangunan Jalan Tol Adalah Penting

jalan tolPerkembangan ekonomi yang semakin meningkat membuat mobilitas dalam beraktivitas semakin tinggi juga. Kebutuhan-kebutuhan seperti distribusi barang menjadi salah satu alasan mengapa pembangunan jalan tol sangatlah penting. Distributor logistik sampai distributor bahan bakar minyak membutuhkan kemudahan untuk mengirim barang dari satu daerah ke daerah lainnya dengan cepat dan selamat.

Selain untuk membantu mempermudah kebutuhan ekonomi, ada beberapa efek positif lainnya yang disebabkan adanya jalan tol. Berikut adalah alasan mengapa pembangunan jalan tol adalah penting!

  • Mengurangi Kemacetan

Bayangkan jika tidak ada jalan tol, semua kendaraan besar seperti truk memenuhi setiap ruas jalan raya yang tidak seberapa besar dan juga digunakan untuk masyarakat umum untuk aktivitas sehari-hari. Bisa-bisa perjalanan yang harusnya bisa ditempuh 30 menit menjadi ditempuh selama 3 jam. Jelas ini sangat menguras waktu, tenaga, dan sangat merugikan siapa saja yang ingin berkativitas. Dengan adanya jalan tol, jalanan menjadi tidak terlalu padat. Selain itu jalan tol adalah jalanan bebas hambatan dimana tidak ada lampu merah dan khusus digunakan kendaraan roda empat keatas.

  • Memperkaya Kualitas Ekonomi

Kemudahan untuk distribusi barang membuat ekonomi menjadi lebih mudah berkembang. Kegiatan ekonomi bisa berjalan lancar karena transportasi adalah salah satu sarana yang sangat penting dalam perekonomian. Selain itu terjadi juga pemerataan pembangunan, sehingga semua daerah mudah dijangkau dan dipermudah untuk berkembang.

  • Menjangkau Semua

Keberadaan jalan tol mempermudah kegiatan ekonomi juga secara sosial. Disini pembangunan jalanan tol menjadi bukti nyata tentang keadilan. Keadilan yang dimaksud adalah keadilan untuk setiap masyarakat merasakan kemudahan dalam beraktivitas. Selain itu bantuan-bantuan untuk daerah terpelosok juga semakin mudah. Pelayanan seperti kesehatan dan keamanan juga menjadi lebih terjamin karena jarak bukan lagi menjadi masalah. Tol juga sangat membantu memudahkan perjalanan karena biasanya didaerah terpencil memiliki medan yang sulit untuk dilewati bahkan dengan berjalan kaki.

Salah satu contoh nyata yang sudah terjadi adalah pembangunan jalan tol di Papua. Yang dulu Wamena – Nduga harus ditempuh selama 4 hari 4 malam, kini kedua daerah bisa ditempuh hanya 5 – 6 jam. Papua yang dulu jarang disentuh pemerintah, kini mendapat perhatian khusus untuk mendorong kualitas hidup masyarakat disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE