Alasan Nasabah Tidak Menggunakan Internet Banking

Internet BankingBanyak nasabah bank yang masih merasa takut menggunakan fasilitas internet banking untuk melakukan berbagai transaksi. Bahkan, beberapa bank sudah berusaha untuk membujuk nasabahnya dengan menawarkan promo internet banking, agar nasabahnya tertarik. Namun sayangnya, hal ini seolah tidak berpengaruh. Tetap saja banyak nasabah yang merasa tidak tertarik menggunakan fasilitas ini. Padahal, mereka sudah sering menggunakan teknologi internet untuk berbagai keperluan, kecuali untuk internet banking.

Pastinya ada alasan mengapa seorang nasabah tidah tertarik dengan teknologi ini, diantaranya yaitu :

  • Belum butuh

Ini adalah alasan umum bagi seorang nasabah yang tidak menggunakan teknologi internet dan sangat sulit untuk diajak menjadi pengguna internet banking. Mereka merasa masih belum kesulitan untuk melakukan berbagai transaksi melalui ATM. Pada umumnya, orang yang merasa belum membutuhkan teknologi ini adalah orang yang memang memiliki waktu luang dan ada ATM disekitar tempat tinggalnya. Sehingga, tidak akan sulit baginya untuk pergi ke ATM dan melakukan transaksi yang dibutuhkan.

  • Takut

Kejahatan terhadap internet banking memang kadang menakutkan. Banyaknya berita seorang nasabah yang kehilangan uang di rekeningnya setelah melakukan transaksi melalui internet banking, membuat nasabah lain terkadang merasa takut dan tidak yakin menggunakan teknologi ini. Apalagi, jika dana yang tersimpan berjumlah cukup besar. Meskipun pihak bank sudah berusaha meyakinkan para nasabahnya bahwa internet banking yang dimilikinya aman, namun dampak dari pengalaman nasabah lain ini tetap saja masih ada. Untuk mengatasi hal ini, pihak bank harus mampu meyakinkan nasabahnya dengan sabar, dan mengajarkan nasabah bagaimana cara penggunaan internet banking yang aman.

  • Registrasi yang rumit

Banyak nasabah yang sebenarnya tertarik menggunakan internet banking, tapi pada akhirnya dibatalkan karena registrasi yang rumit. Misalnya, kita harus mendaftar melalu ATM kemudian ke customer service. Sebenarnya, prosedur yang diterapkan oleh pihak bank ini bertujuan untuk mengamankan konsumen dari kemungkinan pencurian dana oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Sayangnya, hal ini justru terkadang membuat nasabah merasa dipersulit. Karena itulah, ada beberapa bank yang mempermudah nasabahnya dengan membuat sistem dimana nasabah dapat menggunakan internet banking dengan melakukan registrasi melalui ATM.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk pengguna internet banking? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE