Alat Berat Untuk Mengangkut Pada Pertambangan

Demolition ExcavatorIndonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan. Karena itulah, banyak daerah di Indonesia yang dijadikan sebagai lahan pertambangan berbagai hasil bumi. Untuk mempermudah proses pertambangan, perusahaan pertambangan memanfaatkan alat berat yang dibelinya dari perusahaan Jual Alat Berat. Tidak hanya untuk proses penggaliannya saja, tetapi juga untuk proses pengangkutan hasil tambang menuju lokasi untuk proses selanjutnya.

Ada berbagai macam alat pengangkut yang sering digunakan dalam pertambangan, tergantung pada jenis material serta kondisi medan pada lokasi pertambangan (kering, berlumpur, dan sebagainya). Berikut ini, adalah beberapa alat berat yang sering digunakan untuk mengangkut hasil pertambangan, antara lain:

  • Truck

Mungkin kita sudah sering melihat truck yang beredar dijalanan. Truck sebenarnya memiliki banyak sekali jenis dan ukuran, dan dump truck merupakan jenis truck yang sering digunakan sebagai alat pengangkut dalam proyek pertambangan. Dump truck digunakan untuk mengangkut hasil pertambangan yang ada di darat. Setelah material di gali oleh alat penggali, material tersebut akan dimuat kedalam truck dan kemudian dibawa ke lokasi lain untuk proses selanjutnya.

Selain dump truck, pada beberapa lokasi pertambangan yang bersifat kering biasanya akan digunakan water truck. Berbeda dengan dump truck yang berfungsi untuk mengangkut material, water truck ini digunakan untuk menyiram air ke permukaan jalan agar tidak terlalu kering. Namun, semburan air harus diatur agar tidak berlebihan dan membuat jalanan licin.

  • Ponton atau tongkang

Tongkang merupakan sebuah kapal berukuran besar yang digunakan untuk mengangkut hasil tambang di air. Kapal ini biasanya tidak memiliki penutup (terbuka) dan juga tidak memiliki mesin pendorong. Untuk menarik kapal ini, biasanya digunakanlah tugboat.Tongkang sering digunakan untuk memuat hasil pertambangan pasir, dan terkadang juga digunakan untuk memuat hasil perhutanan (kayu).

  • Belt Conveyor

Belt conveyor merupakan alat pengangkut material yang berbentuk lintasan dengan belt yang bergerak sepanjang lintasannya. Alat ini sangat sesuai digunakan dalam jarak yang cukup jauh. Alat ini mampu men-transport material secara diagonal, horizontal dan vertikal. Belt pada alat ini mampu untuk digunakan untuk mengangkut material panas (< 200OC). (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE