Alat Kesehatan Yang Mudah Ditemui Di Ruang Pratik Dokter

Alat Kesehatan Yang Mudah  Ditemui Di Ruang Pratik DokterAlat kesehatan adalah komponen alat-alat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, dan juga menyembuhkan penyakit. Alat kesehatan ini sengaja diciptakan atas dasar tujuan untuk mempermudah para dokter dalam menganalisis organ tubuh manusia dan gejala-gejala lain yang mereka alami. Alat kesehatan bisa dengan mudah didapatkan di toko alat kesehatan dan memiliki beberapa penggolongan. Di antaranya berdasarkan fungsinya, sifat pemakaiannya, kegunaannya, macam dan bentuknya, hingga kepraktisan penyimpanannya. Konon, Indonesia pertama kali mengenal alat kesehatan yang diproduksi dari Jerman.

Alat kesehatan mungkin adalah alat-alat yang terasa awam bagi masyarakat umum yang tidak bersinggungan langsung dengan dunia kedokteran. Namun begitu, bukan berarti masyarakat awam tidak mengetahui apa saja alat-alat yang ada di dunia kedokteran. Seringnya, masyarakat umum mengenal beberapa alat yang berada di dalam ruang praktik dokter. Beberapa alat tersebut adalah:

  • Stetoskop. Ini adalah alat yang seolah menjadi icon dari seorang dokter. Stetoskop biasa diletakkan melingkar di leher dan dipergunakan dengan cara meletakan ujung stetoskop ada permukaan tubuh pasien untuk didengar denyutnya. Fungsi stetoskop adalah untuk mendengarkan detak jantung, perut, dan lain sebagainya. Stetoskop juga bisa dipergunakan untuk mengetahui kerja paru-paru atau mendengarkan denyut nadi.
  • Tensimeter. Alat kesehatan ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. Biasanya digunakan untuk mengecek seberapa besar tekanan darah pasiennya. Tensimeter terdiri atas dua jenis, yakni tensimeter air raksa dan tensimeter digital. Sekarang ini, tensimeter digital lebih banyak digunakan sekarang ini karena lebih praktis dan mudah digunakan. Sebaliknya, tensimeter air raksa sudah jarang digunakan karena bisa berbahaya jika pecah.
  • Termometer. Termometer sering dijadikan tolak ukur untuk mengukur suhu tubuh. Ini adalah salah satu alat sederhana yang wajib dimiliki oleh mayarakat sebagai pertolongan pertama. Cara penggunaannya sangat mudah, yakni dengan cara dimasukkan di mulut, di ketiak, atau di lipatan tubuh untuk mengukur seberapa tinggi suhu Anda. Sama dengan tensimeter, termometer juga terdiri atas dua jenis yakni termometer raksa dan termometer digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE