Alat Musik Tradisional yang Dimainkan dengan Cara Dipetik

Siapa yang tidak mengenal negara Indonesia? Negara yang memiliki kebudayaan yang sangat beragam di dunia ini, tidak hanya memiliki keindahan alam sekaligus makanan yang super lezat saja. Namun, juga memiliki beberapa alat musik tradisional yang sangat membanggakan. Meskipun tidak semudah mencari berbagai tipe piano akustik yang bisa didapatkan dihampir setiap toko alat musik, namun bukan berarti alat musik tradisional Indonesia ini tidak bernilai.Sebab, beberapa jenis alat musik tradisional dari berbagai daerah Indonesia cukup terkenal dan bahkan dicintai oleh banyak masyarakat dari negara lain. Diantara sekian banyaknya jenis, alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik adalah yang cukup diminati untuk dipelajari, seperti:

  1. alat-musik-sasando

    sasando

    Sasando. Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik ini, berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Konon katanya, alat musik yang satu ini sudah dipakai oleh penduduk pulau Rote dari abad ke tujuh Masehi. Sekilas, memainkan alat musik Sasando ini, sangat mirip sekali dengan alat musik gitar. Namun, hanya bentukannya saja yang tidak mirip dengan gitar.

  2. Sampek. Sampek merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik, yang berasal dari Suku Dayak di daerah Kalimantan. Namun, belum tahu pasti, apakah alat musik Sampek ini berasal dari Kalimantan Timur atau Kalimantan Tengah. Alat musik yang satu ini, biasanya digunakan untuk mengiri sebuah upacara adat Suku Dayak.
  3. alat-musik-hasapi

    hasapi

    Hasapi. Hasapi adalah alat musik tradisional yang berasal dari Batak Toba, provinsi Sumatera Utara, yang memainkannya juga dipetik dan masuk ke dalam kategori alat musik berdawai yang memiliki senar. Uniknya, alat musik tradisional yang satu ini dijadikan sebagai alat musik yang digunakan untuk penyampaian pesan kepada orang yang mendengarnya.

  4. Kecapi. Alat musik tradisional Kecapi sendiri berasal dari tanah Sunda, provinsi Jawa Barat. Kecapi sendiri hampir mirip dengan sebuah gitar, dikarenakan memiliki senar dan dimainkan dengan cara dipetik. Namun, yang membedakannya hanya dari posisi memainkan sekaligus bentukannya.
  5. Siter. Alat musik tradisional yang bernama Siter ini, berasal dari provinsi Jawa Tengah dan sangat mirip sekali dengan Kecapi. Nama Siter sendiri berasal dari bahasa Belanda “Citer”. Uniknya, alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik dan sangat mirip dengan memainkan alat musik Kecapi.
  6. Gambus Jambi. Gambus Jambi adalah alat musik tradisional Indonesia, yang dimainkan dengan cara dipetik dan berasal dari provinsi Jambi. Alat musik Gambus Jambi sendiri mengeluarkan bunyi kordofon yang dikeluarkan melalui senar yang dipetik.

Nah, itulah beberapa alat musik tradisional asal negara Indonesia yang dimainkan dengan cara dipetik. Selamat Bermusik! Hehe –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE