Aman Berpindah Jalur Saat Mengemudi di Jalan Tol

jalan tolBerkendara di jalan tol membutuhkan konsentrasi yang ekstra, mengingat mobil bisa melaju dengan kecepatan maksimum 100 km/jam dan minimum 40 km/jam. Jika Anda berkendara melebihi atau kurang dari kecepatan yang sudah ditentukan atau bahkan berpindah jalur tanpa mengetahui aturannya, tentu hal tersebut sangat membahayakan pengendara lain. Meski Anda sudah memiliki asuransi kendaraan bermotor, bukan berarti Anda bisa mengemudikan kendaraan Anda seenaknya. Lalu, bagaimana cara aman mendahului mobil di jalan tol?

  • Cek posisi kendaraan lain melalui spion sebelum menyalakan lampu sein. Ketika hendak berpindah jalur dan mendahului, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek posisi kendaraan lain melalui kaca spion. Jika jarak yang tersedia sudah dalam posisi aman, barulah nyalakan sein untuk memberi tanda bahwa Anda hendak berpindah jalur. Nyalakan lampu sein kanan jika Anda ingin berpindah jalur ke kanan dan sein kiri jika ingin berpindah ke jalur kiri.
  • Dahului dengan hati-hati. Jangan langsung memotong jalur tanpa memberi tanda. Mengemudilah dengan hati-hati dan pindah jalur ketika mobil di belakang Anda menurunkan kecepatannya. Gunakan kecepatan yang konstan, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat sehingga bisa mengganggu kendaraan lain.
  • Jika mobil di belakang Anda menyalakan kedipan lampu, tunggu sebentar di jalur Anda. Pengemudi menyalakan kedipan lampu sebagai tanda bahwa kecepatan mobil tersebut terlalu tinggi sehingga tak bisa menurunkannya untuk memberi Anda jalan. Memaksa memotong jalur ketika pengemudi lain memberikan tanda ini justru bisa membahayakan Anda. Biarkan mobil tersebut melintas, barulah berpindah jalur.
  • Tetap waspada saat eksekusi. Tak hanya memerhatikan kecepatan saja, ketika eksekusi perpindahan jalur pun, Anda harus tetap memerhatikan posisi mobil di depan dan belakang Anda.

Itu dia aturan aman untuk berpindah jalur ketika mengemudi di jalan tol. Dengan mengikuti aturan di atas, tentu mengemudi pun akan terasa lebih aman dan tidak membahayakan. Yang terpenting, selalu jaga konsentrasi Anda dan perhatikan keadaan sekitar, ya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE