Aman dalam Mengirimkan Suku Cadang

pengiriman suku cadang alat beratSebagai seorang distributor suku cadang alat berat, pastinya pelanggan kita sudah tersebar di seluruh Indonesia. Namun demikian, seiring dengan meningkatnya pelanggan yang membeli suku cadang dari toko kita, semakin luas pula jangkauan pengiriman yang dilakukan. Untuk itu, perlu perhatian khusus agar pengiriman suku cadang ini bisa aman dan juga selamat sampai tujuan. Apalagi kalau lokasi yang dituju mengharuskan pengiriman lewat laut. Meskipun memang keamanan dari barang yang dikirimkan merupakan tanggung jawab pengangkut dalam pengiriman alat berat dan suku cadangnya, namun kita sebagai penjual juga harus siap-siap mencari jaminan asuransi maksimal untuk pengiriman via laut!

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan agar paket yang kita kirimkan bisa diterima dengan selamat.

  • Packing

Jangan anggap sepele masalah packing saat hendak mengirim barang. Pasalnya, kerapian packing akan menjadi jaminan bagaimana kondisi barang yang kita kirim sampai ke lokasi tujuan. Tentunya, sebagai distributor yang baik, kita tidak ingin mengantarkan barang yang sudah hancur lebur karena packing yang tidak rapi, bukan?

Untuk itu, packing sudah seharusnya ditanggapi secara serius, apalagi jika barang yang dikirimkan cukup mahal dan mudah rusak. Biasanya, untuk menjaga agar barang yang dikirim tidak rusak, bisa menggunakan packing kayu, bubble wrap, dan lain sebagainya. Berhati-hatilah dengan jasa ekspedisi tertentu yang senang ‘menyobek’ packing dalam bentuk amplop entah untuk alasan apa. Jika memang terpaksa untuk menggunakan kertas, lapisi seluruh permukaannya dengan selotip.

  • Penulisan alamat yang lengkap

Agar barang yang hendak dikirim tidak tersasar ke mana-mana dan sampai pada tujuan, maka penulisan alamat yang lengkap mutlak diperlukan. Jika tulisan tangan kita terlalu kecil, tidak jelas, atau malah berantakan, ada baiknya menuliskan alamat dengan memanfaatkan komputer dan printer agar terlihat lebih jelas. Jangan lupa untuk melapisi bagian tulisan alamat dengan selotip agar tidak luntur saat terkena air.

  • Cantumkan nomor telepon

Baik itu nomor telepon pengirim ataupun penerima. Ada kalanya meskipun kita telah mencantumkan alamat yang cukup lengkap, paket itu bisa tersasar jauh dari lokasi yang dituju. Inilah mengapa nomor telepon wajib untuk dituliskan pada paket. Sebab dengan begitu, kurir bisa segera menghubungi kita ketika tersasar jauh dari lokasi tujuan.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu, ya! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE