Amankah Koneksi Internet Kantor Dari Gangguan ?

Gangguan Koneksi Internet KantorSebagian besar kantor telah menggunakan sambungan internet wireless untuk koneksi internet karyawannya. Meski kantornya tidak bergerak di bidang internet sekalipun, sambungan internet kantor tetaplah dibutuhkan untuk mencari informasi dan komunikasi internal maupun eksternal. Karena itulah, sebisa mungkin, para karyawan pasti akan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu sambungan internet.

Namun, tahukah Anda bahwa banyak alat-alat dan hal lainnya yang lazim kita temukan di kantor yang justru dapat mengganggu sambungan? Apa sajakah itu ?

  • Microwave. Pemanggang ini lazim ditemukan di kantor-kantor, karena selain praktis dan tidak menggunakan gas dan api, microwave juga tidak menimbulkan asap serta tidak memiliki potensi bahaya yang cukup besar. Namun, radiasi yang diproduksi microwave saat memasak dapat mengganggu sambungan wireless internet kita. Untuk itu, tempatkan microwave jauh dari komputer dan router.
  • Perangkat Parabola. Perangkat parabola yang biasa digunakan untuk mendapatkan layanan tv kabel juga dapat menimbulkan gangguan sambungan internet. Gangguan biasanya terjadi apabila terdapat kerusakan pada kabel. Ceklah kabel secara berkala, dan jika terdapat kabel yang putus atau terbuka, segara ganti kabel.
  • Perangkat telefon nirkabel. Gangguan biasanya disebabkan oleh telefon nirkabel berkekuatan 2.4 GHz atau lebih. Jika perangkat telefon jenis ini ditempatkan dalam satu ruangan yang sama dengan router atau komputer, maka sambungan dapat terganggu.
  • Sutet dan Gitet. Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) dapat mengganggu semua jenis sambungan internet, bukan hanya wireless saja. Sambungan internet via satelit, kabel, bahkan telefon genggam sekalipun dapat terganggu dengan radiasi yang ditimbulkan oleh Sutet dan Gitet. Karena itu, sebisa mungkin hindarilah menempati kantor yang berjarak terlalu dekat dari sutet ataupun gitet, setidaknya, ambil jarak 500 meter dari keduanya.
  • Perangkat elektronik lainnya. Perangkat elektronik nirkabel apapun yang berkekuatan 2.4GHz atau lebih dapat menyebabkan gangguan pada sambungan internet kita. Monitor, LCD, TV, speaker, dan banyak hal lainnya. Jauhkan perangkat-perangkat ini dari router ataupun komputer yang tengah menggunakan sambungan.

Selain itu, penempatan router yang salah juga dapat mengganggu serta memperlambat sambungan internet kita. Jika router ditempatkan pada suatu ruangan yang memiliki banyak benda berbahan metal, atau berdinding beton, maka perangkat komputer yang berada di luar ruangan akan sulit untuk tersambung. (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE