Amankah Masuk Gigi Satu Pada Saat Mobil Parkir?

parkir mobilUntuk menjaga keawetan mesin, menggunakan oli mesin terbaik saja tidak cukup. Perilaku saat Anda berkendara maupun parkir juga bisa sangat berpengaruh pada keawetan mesin. Salah satunya kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat parkir,yaitu membiarkan mobilnya berada pada gigi satu. Bagi mereka, hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga agar mobil tetap diam di tempat dan tidak maju ataupun mudur, terutama saat parkir di area tanjakkan atau turunan. Namun, apakah hal ini aman bagi keawetan mesin mobil?

Sebenarnya teknologi mobil saat ini yang terus diperbarui tidak lagi perlu parkir dengan menggunakan gigi satu. Sebab sistem pengereman mobil saat ini sudah menggunakan teknologi elektrikal yang jelas lebih kuat menahan kendaraan pada saat parkir sekalipun. Dibandingkan dengan mobil lama yang masih menggunakan kabel untuk sistem pengeremannya.

Sayangnya, kebiasaan masyarakat mengenai parkir ini sudah turun temurun dan sulit untuk dihilangkan. Sehingga meskipun sudah menggunakan mobil keluaran baru sekalipun, kebiasaan ini tetap saja dilakukan. Pertanyaannya, apakah kebiasaan ini akan berdampak buruk pada kendaraan?

Kebiasaan ini ternyata memberikan dampak yang tidak baik pada mesin kendaraan Anda, karena gigi berkaitan dengan banyak sekali komponen mesin lainnya. Hanya saja, dampak ini tidak akan langsung terasa. Jadi, jika  kondisi parkir ini hanya dilakukan sesekali saja, tidak akan membuat komponen mesin Anda bermasalah. Sebab, posisi gigi yang terjadi pada saat mobil dalam kondisi berhenti dan mesin mati tidak terlalu mempengaruhi transmisi.

Namun, hal ini akan berbeda jika Anda akan memarkirkan mobil dalam jangka waktu yang cukup panjang. Sebab jika dibiarkan lama dalam kondisi seperti ini akan mempengaruhi kondisi mesin. Jadi kalau Anda berencana akan parkir dalam waktu lama, ada baiknya menempatkan gigi dalam kondisi netral. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan pengereman kendaraan Anda, maka bisa mengatasinya dengan meletakkan ganjalan pada ban mobil.

Selain berdampak pada mesin, kebiasaan masuk gigi satu saat parkir juga berisiko meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sebab ketika mobil berada pada gigi satu dan Anda menyalakan mesin, maka ada kemungkinan mobil akan loncat ke depan. Itulah sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa posisi gigi terlebih dahulu sebelum benar-benar menyalkan mesin mobil. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE