Ancaman terhadap Bisnis Online

Kemajuan teknologi internet yang semakin berkembang membuat internet tidak hanya digunakan sebagai sumber informasi saja tetapi juga sebagai lahan untuk memajukan bisnis. Banyak yang mulai Membangun Bisnis online melalui website, namun bagi yang modalnya masih terbatas biasanya mereka akan memulainya dengan memasarkan produknya lewat social media, baik facebook maupun twitter.

bisnis onlineSama seperti bisnis lainnya, sebelum memulai bisnis onlinepun para wirausaha ini harus memikirkan ancaman apa saja yang mungkin akan terjadi pada usaha yang akan mereka jalankan. Ancaman merupakan berbagai hal yang dapat memberikan efek negatif bagi kelangsungan usaha yang datang dari luar.

Gimana Cara Membangun Sebuah Bisnis? Khususnya bisnis online tentunya Anda perlu membuat perencanaan bisnis yang matang. Perlu Anda ketahui bisnis online memiliki banyak tantangan dan ancaman. Tantangan dan ancaman yang sudah diperkirakan akan terjadi sebaiknya dicari terlebih dahulu cara penyelesaiannya sehingga tidak akan menghambat kelangsungan usaha. Berikut ini beberapa ancaman yang mungkin terjadi pada bisnis online:

• Kompetitor
Kemudahan dalam membuka usaha secara online ini membuat semakin banyak orang mulai tertarik. Terutama ibu rumah tangga yang harus mengurus keluarga namun ingin memiliki penghasilan, usaha ini tergolong mudah dijalannkan. Dengan semakin banyaknya kompetitor maka konsumen akan memiliki banyak pilihan untuk membeli barang kebutuhannya. Dengan begini, pelaku usaha harus mampu menawarkan sesuatu yang lebih untuk dapat menarik minat konsumen, misalnya dengan variasi produk yang lebih banyak, harga yang lebih murah, dan yang tidak kalah penting pelayanan yang ramah dan memuaskan konsumen.

• Penipuan
Hal ini menjadi ancaman bagi setiap usaha online, semakin banyaknya penjual online yang tidak bertanggungjawab (menipu konsumen) membuat banyak konsumen yang mulai ragu untuk membeli barang secara online. Untuk mengatasinya maka pelaku usaha harus dapat meyakinkan konsuemen bahwa toko tempat konsumen berbelanja aman.

• Konsumen yang Tidak Bertanggung Jawab
Kemudahan konsumen untuk memesan barang yang diinginkan membuat banyak konsumen memesan tanpa berfikir terlebih dahulu. Hanya memesan agar tidak kehabisan produk tersebut namun sambil mencari di tempat lain, ketika mendapatkan produk yang lebih baik, maka pesanan yang sebelumnya akan diabaikan begitu saja. Untuk engantisipasi konsumen seperti ini, beri batasan waktu pembayaran dan cancel pemesanan jika konsumen tidak membayar hingga batas waktu yang ditentukan.

• Hacker
Social media yang sudah memiliki banyak teman biasanya menjadi incaran para online shop penipu dengan cara mengambil alih online shop tersebut kemudian mengganti seluruh foto produknya dengan produk dari online shop penipu tersebut. Untuk mengantisipasinya pelaku usaha ini harus sangat berhati-hati dan mengecek social media miliknya agar tidak jatuh kettangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE