Antisipasi Mabuk Perjalanan Pada Ibu Hamil Dengan Hal Ini

Tips Traveling untuk Ibu HamilWanita yang sedang tidak hamil saja terkadang bisa merasa mual saat melakukan perjalanan darat, laut, maupun udara. Terlebih lagi pada ibu hamil, meskipun sudah mencari berbagai cara mengatasi mual saat hamil, mungkin tetap saja biasanya akan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian. Rasa tidak nyaman dan mual saat perjalanan ini biasanya terjadi jika terjadi gangguan pada pusat keseimbangan di telinga dalam. Akibatnya produksi histamin akan meningkat dan merangsang otak sehingga menimbukan reaksi mual dan muntah. Lantas, bagaimana cara mencegah agar ibu hamil tidak mengalami mabuk perjalanan? Ini dia beberapa hal yang perlu dilakukan.

  • Mengatur posisi duduk

Posisi duduk selama perjalanan juga dapat memengaruhi kenyamanan saat melakukan perjalanan. Jika saat pergi menggunakan mobil, ibu hamil bisa duduk di kursi depan. Hal ini dapat mencegah mabuk perjalanan sebab duduk di kursi bagian depan membuat ibu menjadi fokus melihat jalan di depan, sehingga bisa mengalihkan perhatian pada goyangan mobil.

  • Hindari membaca

Membaca dalam perjalanan akan membuat ibu hamil lebih cepat merasa pusing. Karena itu, hindarilah membaca buku atau membaca tulisan di smartphone untuk mencegah mabuk perjalanan.

  • Konsumsi air putih hangat

Sebelum dan selama perjalanan, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih hangat akan lebih baik dikonsumsi karena dapat membuat perut terasa lebih nyaman daripada air dingin. Dan jika memang bisa coba konsumsi susu kehamilan untuk mengatasi mual saat hamil sekalian biar dapat nutrisinya. Tentu susunya klo bisa hangat.

  • Konsumsi buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan juga baik untuk mencegah rasa mual saat perjalanan. Pilihlah buah-buahan yang beraroma segar seperti jeruk, anggur, pir, apel, dan lain-lain. Hindarilah buah yang memiliki aroma terlalu menyengat seperti nangka misalnya.

  • Melancarkan peredaran darah

Untuk melancarkan peredaran darah, ibu hamil bisa melakukan gerakkan kecil seperti mengepalkan tangan, kemudian melemaskan jemari tangan dan kaki. Lakukan senam ini secara berulang untuk menghilangkan rasa mual.

  • Menepi sejenak

Jika semua cara sudah dilakukan dan ternyata ibu hamil tetap merasa mual, maka menepilah sejenak jika memungkinkan. Biarkan tubuh rileks dan lakukan juga sedikit senam ringan agar tidak tegang. Dengan begitu, rasa mual bisa berkurang.

Itu dia yang bisa dilakukan agar ibu hamil tidak mengalami mabuk perjalanan. Semoga membantu! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE