Apa Saja Sertifikat dan Penghargaan yang Diraih PaperOneTM Hasil Produksi PT RAPP?

source: APRIL

Sebagai unit operasional APRIL Group, PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), menghasilkan banyak produk berkualitas. Satu di antaranya adalah PaperOneTM yang telah meraih berbagai penghargaan dan sertifikat mutu.

APRIL yang menjadi induk PT RAPP merupakan produsen pulp dan kertas terkemuka di dunia. Mereka berbasis di Pangkalan Kerinci, Riau, dengan area konsesi mencapai 1 juta hektare.

Dari total lahan tersebut, hanya 476 ribu hektare di antaranya yang ditanami pohon sebagai bahan baku produksi. Pengelolanya adalah PT RAPP yang menjalin kerja sama dengan 40 mitra pemasok jangka panjang dalam praktiknya.

Dari situ saja sekitar 76 persen kebutuhan fiber perusahaan sudah terpenuhi. APRIL sanggup menghasilkan kertas sebanyak 850 ribu ton dan pulp sebanyak 2,8 juta ton per tahun. Sisa kebutuhan bahan baku lain didapat dari para mitra pemasok jangka pendek yang ada di wilayah lain Sumatera, Kalimantan, serta Malaysia.

Produk pulp dan kertas yang diproduksi oleh RAPP Riau jelas berkualitas. Namun, dari semuanya, PaperOneTM bisa disebut sebagai yang terdepan. Bagaimana tidak, merek kertas premium ini laris di pasar internasional.

Saat ini, PT RAPP sanggup menjual PaperOneTM ke lebih dari 70 negara. Area penjualannya tersebut tersebar dari Benua Asia seperti kawasan Tiongkok dan India serta sampai ke Afrika. Bukan hanya itu, PaperOneTM juga bisa dipasarkan di Eropa dan berbagai negara di Amerika Utara.

Saking laris, alokasi pasar PaperOneTM justru didominasi luar negeri. Perbandingannya sekitar 25 persen untuk konsumsi domestik. Sisanya disebarkan ke pasar internasional.

Kesuksesan PaperOneTM dalam menembus pasar asing tidak lepas dari mutu dan kualitas tinggi yang dimiliki. Itu terbukti dari sejumlah sertifikat dan penghargaan yang menandakan kelebihan PaperOneTM.

Berikut ini beberapa sertifikat dan tanda penghargaan yang berhasil diraih PaperOneTM.

PENGHARGAAN

source : APRIL

Indonesia Original Brands 2015 Kategori Kertas

Media ekonomi dan bisnis, Swa, mengadakan ajang penghargaan tentang  merek-merek produk terbaik di Indonesia. Mereka membaginya ke dalam berbagai jenis penghargaan, yakni Indonesia Best Brand Award (IBBA), Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA), Word of Mouth Marketing (WOMM) dan Indonesia Original Brand (IOB).

Dalam melakukan penelitian, Swa melakukan survei langsung ke masyarakat. Hasilnya mereka menemukan merek-merek produk yang punya posisi kuat di masyarakat. Bahkan, tidak sedikit di antaranya yang mampu menjadi pemimpin pasar.

PaperOneTM ternyata pernah meraih penghargaan tersebut. Mereka memperolehnya pada 2015 saat dipercaya sebagai produk nomor satu dalam Indonesia Original Brand dalam kategori produk kertas.

Penghargaan ini menandakan bahwa merek PaperOneTM sudah akrab di benak rakyat Indonesia. Mereka juga memilihnya sebagai salah satu produk kertas yang pantas dikonsumsi.

Top Brand Winner 2015 for Premium Paper

Pada 2015, PaperOneTM meraih Top Brand Winner 2015 for Premium Paper. Penghargaan ini diberikan oleh Influental Brands yang merupakan lembaga think-tank dengan spesialisasi berupa pemahaman terhadap konsumen.

Influental Brands sudah memiliki pengalaman panjang dalam pengetahuan tentang berbagai brand. Mereka sudah lebih dari 20 tahun berkecimpung di pasar Asia. Selain itu, cakupan areanya tidak bisa diremehkan. Influental Brands telah mengamati berbagai brand di 15 negara di Asia.

Top Brand Winner yang diberikannya merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada sejumlah merek-merek berkualitas di Asia. Dalam menentukannya, sejumlah riset dan penelitian dilakukan. Akibatnya validitasnya diakui.

Ini berarti PT RAPP berhasil memproduksi PaperOneTM dengan baik. Jika tidak, merek kertas premium ini tidak akan dipilih sebagai brand juara di pasar Asia.

SERTIFIKAT

source: APRIL

PaperOneTM yang diproduksi RAPP Riau berhasil meraih sejumlah sertifikat yang menandakan kualitas tinggi yang dimilikinya. Secara umum, sertifikat yang didapatnya terbagi menjadi dua, yakni sertififkasi terkait kelestarian lingkungan dan sertifikat yang berkaitan dengan mutu produk. Ini adalah beberapa contohnya.

PEFC Certificate

PEFC merupakan salah sertifikasi kehutanan bertaraf internasional. Proses pemberian sertifikasi ini dilakukan oleh sebuah lembaga nonprofit internasional yang berdiri secara independen. Mereka nantinya akan memberikan sertifikat kepada pihak ketiga yang dirasa melakukan pemanfaatan sumber daya secara lestari.

Terdapat dua hal yang disoroti dalam sertifikasi PEFC. Pertama adalah Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari (Sustainable Forest Management) yang mengakui operasional yang menjaga nilai-nilai ekologi, sosial dan ekonomi hutan. Selain itu adalah Sertifikasi Rancak Balak (Chain of Custody) yang mengacu kepada pemantauan setiap langkah rantai pasokan dari hutan menuju konsumen.

Secara garis besar, PEFC yang dimiliki PaperOneTM diproduksi oleh RAPP dengan berdasar dari bahan baku yang berasal sumber resmi dan ramah lingkungan. Selain itu, proses produksinya juga memperhatikan kelestarian alam.

SFMS Certificate

Selain PEFC, PaperOneTM yang dibuat oleh Riau Andalan Pulp & Paper juga berhasil meraih sertifikasi Sustainable Forest Management System (SFMS) yang menjadi bukti lain tentang keberlanjutan. Dalam sertifikasi ini, PaperOneTM diakui berasal dari perusahaan yang mengelola hutan dengan bertanggung jawab.

SFMS dihadirkan untuk menjawab keinginan konsumen pada saat ini. Belakangan pengguna produk pulp dan kertas tidak mau sembarang menggunakan sebuah merek. Mereka hanya mau memakai produk-produk yang diproduksi secara bertanggung jawab terhadap alam, khususnya hutan.

Dengan meraih sertifikat tersebut, PaperOneTM sudah dijamin sebagai produk ramah lingkungan. Sebab, RAPP Riau tetap memperhatikan kelestarian hutan dalam proses pembuatannya.

Sertifikasi ISO 9001

ISO 9001 merupakan standar internasional dalam manajemen mutu. Pihak independen memberikannya kepada satu perusahaan yang telah memenuhi persyaratan internasional dalam penjaminan mutu produk atau jasa yang dihasilkannya.

Adapun manajemen mutu yang dimaksud termasuk ke dalam tiga hal. Hal tersebut adalah memenuhi persyaratan kualitas pelanggan, sesuai dengan peraturan, dan selaras dengan tujuan lingkungan.

PaperOne mendapatkan sertifikat tanda raihan ISO 9001 dari SGS. Ini berarti merek kertas premium ini telah memenuhi sejumlah persyaratan yang menunjukkan manajemen mutunya berjalan baik sesuai standar.

Sertifikasi OHSAS 18001

OHSAS 18001 dikembangkan sebagai jawaban atas tuntutan industri yang menginginkan standar tentang keselamatan dan keamanan kerja. Tuntutan tersebut ingin dijadikan acuan dengan standardisasi internasional yang bisa diterapkan di mana saja.

Sertifikat OHSAS 18001 dirasa penting karena mampu memberikan rasa percaya diri kepada perusahaan terhadap kemampuannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan kerja. Namun, lebih dari itu, ini juga dipandang krusial dalam memberikan keunggulan kompetitif dalam bisnis.

 PaperOneTM yang diproduksi oleh PT RAPP juga memperoleh sertifikat OHSAS 18001. Hal ini menandakan bahwa unit operasional APRIL Group tersebut memperhatikan keamanan para karyawannya ketika memproduksi PaperOne.

Inilah beberapa sertifikat dan penghargaan yang diraih oleh PaperOneTM. Sejatinya masih banyak sertifikasi maupun award lain yang diperoleh oleh merek kertas premium buatan RAPP Riau tersebut. Namun, pencapaian yang dipaparkan tersebut dirasa telah menunjukkan kualitas PaperOneTM. Merek kertas premium ini memang menjadi pilihan banyak pihak karena memang bermutu dan diproduksi secara bertanggung jawab terhadap alam dan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE