Apakah Batako Lebih Kuat Dibandingkan Bata Merah?

Kedua jenis bahan baku ini sudah menjadi material yang paling umum digunakan untuk membangun rumah tinggal dan pekerjaan konstruksi bagunan lainnya. Kedua jenis bata ini baik batako maupun bata merah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dibandingkan dengan bata ringan yang baru-baru ini sedang naik daun, batako maupun bata merah sudah terlebih dahulu mencuri perhatian pasar. Dan bisa dikatakan bahwa belum ada yang bisa menyaingi pangsa pasar bata merah dan batako. Sekedar informasi saja, bata ringan yang pernah anda lihat belakangan ini sudah dibuat dengan mesin pabrik sehingga bisa diproduksi dalam jumlah yang masal. Harganya pun relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan bata merah.

batako dan bata merahUntuk melakukan perbandingan yang seimbang antara kelebihan dan kekurangan batako dan bata merah, ada baiknya kita menjelaskannya secara langsung seperti uraian di bawah ini.

  1. Batako

Batako rata-rata dibuat dari bahan dasar yang lebih kuat dibandingkan dengan bata merah yaitu dengan menggunakan campuran antara pasir dan semen. Tingkat perbandingannya tentu lebih banyak pasir ketimbang semennya karena batu batako teksturnya lebih kasar jika dibandingkan dengan batu bata merah. Selain itu batu batako memiliki kekurangan karena lebih mudah menyerap air sehingga bisa saja mudah untuk pecah jika terkena hantaman keras. Hal ini dikarenakan pori-porinya yang lebih terbuka jika dibandingkan dengan batu bata merah.

Kelebihan :

  • Khusus untuk jenis batu batako yang berlubang bisa dijadikan sebagai ruang isolasi udara.
  • Terkadang tidak perlu untuk diplester jikalau pekerjaan dilakukan dengan rapi.
  • Pemasangannya lebih cepat
  • Lebih ringan dari bata merah

Kelemahan :

  • Mudah menyerap air sehingga mudah untuk menjadi lunak
  • Tidak cocok untuk ruangan yang ingin dibuat menjadi kedap udara. Hal ini dikarenakan adanya pori-pori besar di permukaan batu batakonya.
  • Tidak mampu menyerap panas dengan baik. Walaupun sudah banyak memiliki pori-pori yang melekat pada permukaannya namun batu batako kurang mampu untuk menyerap panas dengan baik.
  • Lebih mudah pecah atau dilubangi. Hal ini karena sifatnya yang lebih kasar dan rapuh jika dibandingkan dengan bata merah yang solid.
  1. Bata Merah

Kalau dilihat dari bahan bakunya, bata merah jelas-jelas terbuat dari tanah merah yang dipanaskan dan dikeraskan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bata merah lebih banyak digunakan jika dibandingkan dengan batako. Hal ini dikarenakan bata merah lebih mudah untuk didapatkan jika dibandingkan dengan jenis bata yang lain. Selain itu kekuatan bata merah sudah teruji kualitasnya. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh bata merah. Berikut adalah ulasannya :

Kelebihan :

  • Murah harganya. Ini adalah alasan utama mengapa bata merah banyak sekali digunakan oleh orang-orang. Murah dan berkualitas.
  • Tidak ada material yang tidak menjual bata merah.
  • Mudah memasangnya. Untuk memasang batu bata merah anda hanya perlu melakukan trik zig-zag untuk menyusun bata merah tapi hal ini bukan berarti pemasangannya mudah untuk dirapihkan.
  • Kedap Udara. Batu bata merah memiliki sifat yang kedap terhadap udara. Hal ini dikarenakan sifatnya lebih liat jika dibandingkan dengan batako.
  • Tidak mudah menyerap air. Jika dibandingkan dengan batako, penyerapan air pada bata merah lebih lamban karena pori-pori dari bata jenis ini sangat kecil.

Kelemahan :

  • Cukup boros untuk menggunakan semen. Pemasangan batu bata merah membutuhkan semen yang cukup banyak supaya bisa merekat dengan kuat.
  • Agak lebih sulit untuk rapih pemasangannya. Jarang sekali ada orang yang mampu untuk merapihkan pemasangan batu bata merah seperti batako. Hal ini dikarenakan ukuran dari bata merah yang kebanyakan tidak sama satu sama lainnya.
  • Waktu pemasangan lebih lama. Hal ini sudah menjadi konsekuensi dari dua poin kelemahan sebelumnya yang sudah saya sebutkan diatas.
  • Membutuhkan plesteran yang cukup tebal. Hal ini dikarenakan ukuran bata merah yang rata-rata tidak seragam satu sama lainnya.

Untuk mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas kini tidak perlu repot mencari toko bangunan secara langsung, cukup buka laptop dan cari di indotrading.com semua toko bangunan berkualitas dan terpercaya ada di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE