Apakah Teknik Digital Printing?

Dibandingkan dengan teknik cetak lainnya, mulai banyak masyarakat yang beralih pada teknik digital printing. Hal ini wajar saja, karena teknik ini tidak terlalu sulit untuk dipelajari bila dibandingkan dengan teknik cetak lainnya. Bahkan, bisnis yang melayani jasa cetak Digital Printing JakartaDigital Printing Jakarta semakin banyak beredar di Jakarta. Dari mulai bisnis percetakan dalam skala kecil, hingga bisnis percetakan dalam skala yang cukup besar. Meskipun pada beberapa jasa percetakan skala besar masih menyediakan cetak dengan teknik lain, namun digital printing masih menjadi unggulan dalam beberapa situasi.

Teknik digital printing ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan saat kita mencetak foto dari komputer. Kita hanya perlu memindahkan foto (misalnya dari handphone atau kamera) ke dalam komputer dan kemudian mengeditnya sesuai dengan keinginan kita, kemudian mencetaknya dengan printer yang kita miliki. Perbedaan antara penggunaan digital printing yang sering kita lakukan dengan digital printing yang digunakan pada jasa percetakan yaitu, penggunaannya yang lebih luas.

Jika dirumah kita biasa mencetak pada kertas biasa atau kertas foto, sementara pada percetakan kita bisa mencetaknya pada berbagai benda dan dengan berbagai ukuran. Misalnya saja, kita bisa mencetak gambar yang kita inginkan di sebuah mug, kaos, atau berbagai media lainnya. Selain itu, kita juga bisa mencetak dalam berbagai ukuran sesuai dengan yang kita butuhkan. Misalnya saja jika kita ingin mencetaknya dalam ukuran poster, spanduk, atau yang lainnya. Untuk dapat mencetak pada kaos dan mug tidak bisa jika kita hanya menggunakan printer biasa, karena diperlukan mesin pendukung lainnya. Begitu pula untuk mencetak pada kain berukuran besar untuk keperluan spanduk, printer yang digunakan merupakan sebuah printer khusus berukuran besar.

Sama seperti teknik cetak lainnya, meskipun digital printing ini memiliki banyak keuntungan namun memiliki beberapa kelemahan juga. Warna pada hasil cetak dengan digital printing cenderung lebih cepat pudar bila dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, hasil cetak juga tidak memiliki lapisan pelindung apapun, sehingga tidak terlindung dari elemen keras dan sinar UV. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE