Asah Kemampuan Motorik Anak di KidZania

Tentunya para orangtua sudah mengerti bahwa kemampuan motorik anak perlu diasah sejak dini. Untungnya, sekarang para orangtua tidak perlu repot-repot untuk melatih perkembangan motorik anak karena terdapat banyak taman bermain anak di Jakarta yang dapat mendukung perkembangan motorik anak, salah satunya adalah KidZania.

Bukan hanya sekedar untuk melatihnya berjalan atau menggenggam sesuatu, kemampuan motorik juga berperan penting bagi tumbuh kembang anak mulai dari aspek fisiologis, emosional, kognitif, dan sosial, lho. Nah, di KidZania terdapat berbagai wahana atau establishment yang mampu melatih kemampuan motorik anak. Di antaranya ada beberapa establishment seperti di bawah ini.

Building Climbing

climbing building kidzania

image source: YouTube

KidZania memiliki konsep perkotaan yang terdiri dari establishment berupa bangunan dan gedung-gedung. Nah, di sana juga tersedia wahana building climbing yang mengizinkan anak-anak memanjat gedung. Aktivitas ini tentunya dilengkapi dengan pengaman, sehingga para orangtua tidak perlu khawatir. Apa manfaat dari memanjat gedung ini? Anak-anak dapat belajar banyak nilai-nilai yang berharga seperti tanggung jawab, disiplin, dan keberanian.

Tentunya tak lupa juga bahwa aktivitas ini dapat melatih kemampuan motorik anak. Untuk memanjat gedung di Kota KidZania, anak-anak harus menggunakan teknik yang berbeda. Ia perlu mengoordinasikan seluruh tubuh saat memanjat, terutama bagian tangan dan kaki.

Race Track

Race Track

image source: YouTube

Di KidZania, anak-anak juga bisa merasakan serunya jadi pembalap lho. Di race track KidZania, anak-anak dapat berkeliling sebanyak lima putaran sekali balapan. Siapa yang paling cepat, maka ia keluar sebagai pemenang. Nah, balapan mobil ini juga merupakan aktivitas yang baik untuk melatih daya kembang motorik anak. Supaya dapat melaju cepat, anak-anak harus bisa mengendalikan kendaraan yang digunakan dan mengoordinaksikan anggota tubuh mereka.

Flight Simulator

Flight Simulator

image source: YouTube

Anak Anda bercita-cita menjadi pilot? Kalau begitu wajib untuk mencoba flight simulator di KidZania. Sebagai pilot, anak-anak dapat melakukan simulasi penerbangan dan menerbangkan pesawat ke tempat tujuan. Selain menyenangkan, flight simulator juga merupakan aktivitas yang baik untuk melatih perkembangan motorik anak. Sebab ia harus mengendalikan alat-alat simulator, stik penerbangan, dan lain-lain.

Selain ketiga establishment di atas, masih banyak lagi establishment lain yang baik untuk kemampuan motorik anak. Yuk, berkunjung ke KidZania sekarang! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE