Asuransi Syariah ? Emang Apa Pentingnya!

Asuransi SyariahAsuransi syariah semakin hari semakin banyak usernya, loh kok bisa seperti itu yah bisa donk karena semakin hari semakin banyak juga perusahaan asuransi yang memberikan layanan syariah kepada user atau konsumennya. Apa bedanya asuransi syariah dengan asuransi pada umumnya ?

Berikut perbedaan asuransi syariah dengan asuransi pada umunya :

  • Asuransi syariah adalah sebuah produk perusahaan asuransi yang saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah (sumber: salingmelindungi.com)
  • Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut (wikipedia)

Lalu bagaimana cara memilih asuransi syariah yang tepat untuk Anda? 

  • Kebutuhan Anda adalah asuransi syariah Anda, kenapa saya bilang seperti itu karena yang tahu kebutuhan Anda yah Anda sendiri jadi pilihlah asuransi syariah yang emang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan ragu untuk meminta saran dan pendapat kepada mereka yang sudah terlebih dahulu menggunakan asuransi.
  • Tahu dan kenali penggurus perusahaan asuransi syariah yang akan Anda pilih apakah sesuai dengan Prinsip Kerja Asuransi Syariah dan lihat track recordnya mereka.
  • Ketahui juga perusahaan asuransi dan track record perusahaan asuransi tersebut baik dari cara menghandel klaim dari para pemilik asuransi syariah.
  • Semua lembaga keuangan syariah termasuk asuransi syariah mempunyai Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS beranggotakan orang-orang yang memahami ekonomi syariah. Keberadaan DPS akan menjamin bahwa semua produk asuransi dikelola dengan cara-cara yang dihalalkan secara syariah (asuransitakaful.net)
  • Perhatikan premi asuransi  yang ditawarkan apakah sesuai dengan kemampuan Anda atau tidak
  • Carilah agen asuransi yang sudah memiliki pengalaman baik dan sudah terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)
  • Pilihlah perusahaan asuransi syariah yang memberikan pelayanan terbaik dan juga profesional

Semoga artikel asuransi syariah yang saya tulis berguna dan memberikan manfaat untuk Anda. ejr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE