Backpacker Pemula, Ini 10 Benda Yang Wajib Dibawa!

Traveling ada banyak jenisnya. Begitu pun dengan traveler. Semua punya gaya masing-masing. Ada traveler dengan budget dan destinasi yang fleksibel, ada yang namanya budget traveler, dan yang satu lagi akan kita bahas dalam artikel ini adalah traveler jenis backpacker.

backpaker pemula

Foto: shutterstock

Tentu saja, pengalaman dan sensasi yang didapatkan dari ketiga jenis traveler tersebut akan berbeda. Sebenarnya, kategori traveler di atas digolongkan atas dasar budget dan gaya hidup selama traveling. Namun, semua itu tidak mengurangi kelebihan masing-masing jenis.

Untuk kategori pertama, rasanya sudah pasti semua orang pernah mengalaminya. Baik itu traveling dalam jangka waktu yang cukup lama, maupun hanya sekadar short escape. Untuk kategori traveler yang kedua, ya.. masih banyak orang yang melakoninya. Namun, khusus untuk kategori ketiga yaitu backpacker, tidak semua orang tahan atau bahkan sempat terpikirkan untuk melakukannya.

Sebenarnya, menjadi seorang backpacker adalah sekaligus menjadi ajang untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa kita mampu. Mampu untuk mendobrak rasa takut yang sebenarnya diciptakan oleh diri kita sendiri.

Menjadi seorang backpacker bukan berarti tidak ada uang lebih untuk menjalani liburan mewah. Tentu itu adalah pola pikir yang salah kaprah. Menjadi seorang backpacker berarti menjalani traveling dengan modal minimal, namun akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga yang maksimal.

Saat ini, sudah banyak yang terinspirasi untuk melakukan traveling ala backpacker. Tentunya, rata-rata mereka yang mendapatkan “ilham” tersebut adalah para pemula. Apakah kamu salah satunya?

Tunggu dulu! Sebelum melakukan traveling ala backpacker persiapkan dulu sepuluh perlengkapan yang wajib dibawa berikut ini.

  1. Kompas dan GPS

Traveling ala backpacker sudah pasti artinya harus mandiri. Tanpa tour guide, tanpa agen penyelenggara. Untuk itu, meskipun sudah mempersiapkan itinerary lengkap dengan rute ke masing-masing destinasi yang mau kamu tuju, tetap saja harus membawa yang namanya kompas dan GPS. Ini juga amat berguna ketika smartphone kamu kehabisan baterai. Ingat, saat traveling kamu pasti belum mengetahui seratus persen seluk beluk jalanan negara atau kota yang kamu kunjungi. Untuk itu, jangan pernah lupakan poin ini.

  1. Universal adapter

Zaman sekarang, sepertinya akan sulit sekali hidup tanpa bantuan smartphone maupun gadget lain. Karenanya, pastikan kamu sudah mempersiapkan universal adapter supaya kamu dapat dengan mudah mengisi daya gadget kamu di negara manapun kamu berada. Tidak lucu kan jika kamu sudah mempersiapkan seperangkat alat fotografi yang canggih, tapi tidak bisa digunakan karena habis baterai.

  1. Gorilla tripod

Nah, ini adalah satu benda yang paling diminati para traveler masa kini. Terutama para backpacker. Kenapa? Bentuknya yang unik ternyata amat ramah tempat di dalam tas punggung seorang backpacker. Kaki-kakinya yang fleksibel juga sangat memudahkan untuk kita meletakkan maupun menggantungkan tripod ini dimana pun untuk mendapatkan angle yang terbaik.

  1. Senter dan Headlight

Meskipun destinasi kamu bukanlah hutan rimba atau pun tebing di antah berantah, tetap saja dua benda ini harus ada dalam tas kamu. Terlebih sebagai backpacker pemula. Segala hal yang berupa survival kit haruslah ada dalam daftar barang bawaanmu.

  1. P3K

Ini juga tidak kalah pentingnya. Masalah obat-obatan adalah masalah yang krusial. Membawa backpack yang berisi banyak barang di dalamnya terkadang bisa membuat siapa saja kekurangan keseimbangan dan daya tahan tubuh Untuk itu, P3K akan menjadi pertolongan pertama yang bisa diandalkan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Pisau Multifungsi

Sekali lagi, meskipun destinasi kamu bukanlah hutan belantara atau tebing pinggir pantai. Pisau multifungsi akan membantu kamu jikalau ingin sekadar membuka kaleng makanan ataupun memotong tali yang tersangkut di kaki kamu. Atau bahkan sebagai alat pertahanan pada tindak kejahatan.

  1. Makanan extra nutrisi

Terkadang menjadi seorang backpacker akan menemui kesulitan finansial di hari-hari terakhir. Di saat-saat seperti itulah makanan extra nutrisi bisa membantu kamu mengganjal perut hingga kamu pada akhirnya dalam perjalanan pulang. Makanan ini juga setidaknya akan menolong menggantikan nutrisi-nutrisi yang hilang selama kamu membawa tas punggung kemana pun kamu melangkah di penjuru kota.

  1. Botol minum

Ini akan membantu kamu terutama ketika traveling ke negara maju yang sudah memiliki sistem air bersih yang bisa langsung diminum dari keran. Tahukah kamu? Akan sangat rugi sekali jika kamu membeli air mineral di kemasan botol pada supermarket di sana. Selain menambah sampah tidak terurai, harganya sangat jauh lebih mahal, bahkan beberapa ada yang seharga satu tangkup sandwich.

  1. Sleeping bag

Ketinggalan kereta? Atau harus mengalami pesawat delay? Booking hotel untuk satu malam lagi rasanya bukan pilihan yang tepat untuk seorang backpacker. Sleeping bag akan menolong baik kamu ataupun dompetmu di saat-saat darurat seperti itu.

  1. Money belt

Terakhir dan yang paling penting. Money belt adalah benda yang harus dijadikan sahabat para backpacker. Uang yang cukup dan pas-pasan harus dijaga dengan baik. Dengan money belt kamu akan terbebas dari luntang-lantung dan pastinya akan bisa menikmati perjalanan dengan bahagia.

Itulah tadi sepuluh benda wajib yang harus kamu persiapkan ketika menjadi seorang backpacker pemula. Namun, sebelum mempersiapkan itu ada baiknya kamu merencanakan destinasi yang akan dituju dan book hotel murah dari jauh-jauh hari. Beruntungnya zaman sekarang serba mudah karena ada banyak platform untuk cek harga hotel terbaik di Reservasi.com. Yuk, cari sekarang, dan wujudkan liburan ala backpacker yang kamu inginkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE