Bagaimana Merawat Rumput Sintesis yang Tepat ?

Merawat Rumput FutsalArtificial grass atau rumput sintesis adalah sebuah alternatif untuk mereka yang menginginkan lapangan rumput namun tidak memiliki tanah yang cukup subur. Rumput yang sudah ada sejak tahun 1960 ini terbuat dari sejenis fiber sintesis yang dibentuk dan diberi warna menyerupai rumput, dengan kepadatan, tekstur, tinggi, hingga warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan. Rumput jenis ini biasanya digunakan sebagai landasan pada lapangan olahraga. Cabang olahraga sepakbola, futsal, baseball, American football, hingga tenis dan golf telah mencoba kenyamanan rumput jenis ini pada lapangan-lapangan mereka.

Salah satu faktor yang membuat rumput jenis ini ramai digunakan, adalah faktor ekonomis yang didapat karena perawatannya tidak membutuhkan biaya banyak. Meski begitu, perawatan tetap harus diberikan secara tepat dan rutin, namun dengan cara yang berbeda dengan rumput segar. Sebagian besar orang hanya menyiram rumput buatan mereka dengan air sesekali, bukan untuk membuatnya tetap hidup, tetapi untuk membersihkannya dari berbagai kotoran yang menempel.

Namun, untuk mendapatkan hasil terbaik, dibutuhkan perlakuan lebih untuk jenis rumput unik ini.

  • Campuran air hangat ditambah sedikit detergen dapat membersihkan rumput dengan lebih menyeluruh, hasilnya juga akan membuat rumput lebih harum dan berkilau.
    Basahkan seluruh rumput terlebih dahulu dengan air, lalu mulai bersihkan dengan kain, pel, atau sponge yang telah diberikan campuran air hangat dan detergen. Setelah seluruh bagian telah dibersihkan, jangan lupa untuk menyiram lagi seluruh permukaan rumput dengan air bersih.
  • Lebih cepat lebih baik. Setiap Anda melihat kotoran pada rumput, entah lumpur, kotoran hewan, atau lainnya, segera siram dengan air bersih, dan gosok rumput bila perlu. Hal ini lebih baik dilakukan secepatnya, karena jika kita menunggu lama, kotoran dapat mengering dan membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan.
  • Untuk kotoran yang telah mengering, bersihkan dengan air bersih yang mengalir melalui selang bertekanan tinggi. Atau, Anda bisa juga menggunakan sikat atau alat-alat lain yang kuat namun tidak terlalu tajam, seperti spatula kayu, pisau mentega. Jangan menggunakan alat-alat yang terbuat dari besi dan tajam, karena dapat merusak rumput.
  • Jangan menggunakan cairan pembersih yang memiliki level ph di atas 9, atau di bawah 5.

Itulah beberapa cara dan perlakukan sederhana dalam perawatan untuk rumput sintesis yang bisa dilakukan! (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE