Bagaimana Sistem Imun Bekerja Melawan Penyakit?

hidup bahagia

image source: LoveThisPic

Kamu pasti sudah tahu bahwa untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, kamu harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Apalagi di zaman sekarang dimana pergantian musim sudah tidak lagi terlihat jelas. Bisa saja dalam beberapa minggu hujan terus mengguyur, namun beberapa minggu kemudian cuaca berubah panas terik. Untuk mengatasi perubahan cuaca tak menentu seperti ini, banyak yang rutin mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh agar daya tahan tubuhnya meningkat.

Yap, menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat memang sangat penting sebab ketika daya tahan tubuh melemah maka sistem imun tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk melawan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit pada tubuhmu. Akibatnya kamu akan terserang suatu penyakit, baik penyakit dalam kategori ringan hingga penyakit yang tergolong parah.

Namun menurut situs alodokter, ketika seseorang terserang suatu penyakit, maka sistem imun akan memulai berbagai reaksi untuk mempelajari penyakit yang menyerang tersebut. Proses mempelajari ini kemudian akan tersimpan dalam memori sistem imun. Sehingga ketika suatu saat penyakit yang sama menyerangmu lagi, sistem imun sudah tahu bagaimana cara mengatasinya untuk melawan penyakit ini. Itulah sebabnya jarang sekali seseorang terserang penyakit yang sama. Meskipun begitu sangat disarankan untuk menambahkan imunitas tubuh dengan mendapatkan imunisasi.

Selain itu, kamu juga sebaiknya berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat sehingga sistem imun dapat bekerja maksimal, dengan cara:

  • Cukup istirahat – Cukup istirahat ini bukan hanya memenuhi kebutuhan istirahat 6-7 jam saja, tetapi juga waktu beristirahatnya.
  • Gaya hidup sehat – Hindari beberapa kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.
  • Konsumsi menu makanan sehat – Jika kamu terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat, maka cobalah untuk mengubahnya dengan menu yang lebih sehat. Atau setidaknya kamu bisa menguranginya.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh – Dehidrasi adalah masalah yang sangat serius dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Tidak hanya dapat melemahkan daya tahan tubuh, seseorang yang mengalami dehidrasi juga berisiko terserang berbagai macam penyakit. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE