Bagian Dalam Rumah Terlalu Terang? Ini Dia Cara Menghindarinya

Bagi Anda yang memiliki rumah menghadap timur, pancaran cahaya matahari hampir selalu dipastikan melimpahi bagian rumah Anda hingga ke dalam. Yap, pasalnya matahari selalu terbit dari timur dan ketika itu terjadi, rumah Anda akan diterangi oleh cahaya matahari yang terkadang terasa sangat menyilaukan. Untuk mengurangi ‘tumpahan’ cahayanya, memasang pagar beton nan tinggi bisa jadi merupakan opsi yang tepat. Apalagi harga pagar panel beton sekarang ini sangatlah terjangkau. Sebab, meski menyehatkan, tak jarang cahaya matahari ini membuat rumah terasa panas dan juga terlalu terang.

Siasati Penataan Pencahayaan di Rumah

Nah, selain memasang pagar yang tinggi, Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini agar kondisi di dalam rumah tidak terlalu terang.

  1. Pasang kerai di jendela. Mungkin Anda berpikir bahwa tirai sudahlah cukup sebagai pelindung untuk menutupi jendela di rumah Anda. Padahal, tirai saja tidak cukup untuk menghalau sinar matahari, apalagi di siang hari. Untuk itu, Anda membutuhkan kerai sebagai perisai pelindungnya. Kerai ini bisa berupa kerai bambu yang stylish atau bisa juga berupa tirai dari kayu yang bernuansa vintage. Keberadaan kerai ini sangat membantu untuk menghalau sinar matahari, entah itu di pagi atau siang hari, tanpa harus menghilangkan elemen dekoratif di dalam ruangan.
  2. Cerdik dalam memilih warna cat. Sebagian besar dari Anda mungkin memilih warna putih untuk mengecat dinding di bagian dalam rumah. Ya, putih merupakan warna yang sangat universal dan memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Hanya saja, warna putih juga membuat ruangan terasa lebih terang. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih warna-warna pastel atau menutupi dinding dengan wallpaper. Hindari pemilihan warna cat yang berwarna gelap seperti hitam atau biru gelap, karena warna-warna ini dalam menyerap cahaya matahari dan membuat ruangan terasa lebih panas.
  3. Tutupi jendela dengan tanaman gantung. Tanaman gantung dengan ujung-ujung dedaunan yang menggantung bisa jadi menjadi penghalau cahaya yang paling ampuh. Selain itu, keberadaannya juga akan membuat mata Anda terasa segar karena warna hijaunya dan pastinya membuat ruangan terasa lebih sejuk. Psst, selain tanaman gantung, Anda juga bisa menanam tanaman rambat di dinding untuk menimbulkan kesan teduh di rumah, lho!

Siap untuk menerapkan tips di atas? Selamat mencoba!

2 thoughts on “Bagian Dalam Rumah Terlalu Terang? Ini Dia Cara Menghindarinya

  1. Rumah Murah Yogyakarta

    Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Rumah kamar yang minimalis, asri, dan bersih memang lebih banyak diminati oleh calon pembeli rumah.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE