Bagian Mobil yang Rawan Berkarat

Penyebab utama munculnya karat adalah karena terjadinya proses korosi pada material besi. Mobil sebagai salah satu benda yang sebagian besar komponennya terbuat dari besi, menjadi sangat rentan terhadap proses korosi ini. Apalagi, jika sang pemilik mobil tidak mengetahui beberapa hal penyebab munculnya karat, dan akhirnya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Akibatnya, proses korosi ini bisa berlangsung semakin cepat dan akhirnya dapat membuat mobil cepat rusak.

Bagian Mobil yang Rawan Berkarat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sebagian besar material yang digunakan untuk pembuatan mobil, adalah besi. Artinya, tidak hanya body mobil saja yang mungkin akan mengalami karat, tetapi juga bagian mobil lainnya. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Bagian bawah

Bagian bawah mobil adalah bagian yang paling sering terkena berbagai benda lain, dari mulai air, debu, tanah dan berbagai hal lainnya. Hal inilah yang membuat bagian ini menjadi mudah sekali mengalami proses korosi. Apalagi, jika mobil jarang dicuci menggunakan hidrolik, maka bagian ini bisa menjadi sarang berkumpulnya berbagai zat yang dapat merusak. Sebab itulah, ada baiknya jika kamu mencucikan mobil di tempat pencucian mobil yang menggunakan hidrolik setidaknya satu kali dalam sebulan. Khususnya, jika kamu baru saja bepergian ke daerah pantai atau mobilmu baru saja terkena genangan air.

  • Spakbor

Sama seperti pada bagian bawah mobil, spakbor juga merupakan bagian yang mudah terkena berbagai benda. Sebab, meskipun berada agak tinggi namun lokasinya berdekatan dengan ban mobil. Sehingga memungkinkan bagian ini terciprat berbagai kotoran yang berisiko merusak. Untuk mengatasinya sama seperti pada poin pertama, yaitu bersihkan spakbor secara rutin. Tenang saja, untuk membersihkan spakbor ini tidah perlu ke tempat pencucian mobil kok, karena kamu bisa membersihkannya sendiri. Akan tetapi, jangan lupa untuk membedakan busa yang kamu gunakan untuk spakbor dan body mobil ya. Sebab, kotoran pada spakbor ini bisa berisiko menyebabkan baret pada mobil.

  • Atap

Bagian atap adalah bagian yang pertama kali terkena air ketika hujan turun. Jika cat masih dalam kondisi bagus dan tidak terdapat celah apapun, maka kondisinya akan baik-baik saja. Namun, terkadang pemilik mobil tidak menyadari adanya goresan pada atap mobil. Ketika hujan turun, air hujan ini masuk melalui celah atau goresan cat tersebut. Hal inilah yang menyebabkan karat akhirnya muncul. Sebab itulah, sekali waktu cobalah untuk memeriksa kondisi atap mobil untuk mengetahui jika ada suatu masalah di sana. Supaya masalahnya dapat segera teratasi sebelum parah.

Tidak hanya bagian luar mobil saja yang berkarat tetapi juga bagian dalam. Bagian dalam emang ada besi? Ya ada, fitur keselamatan yang harus ada di mobil yang kita kenal dengan nama seatbelt tidak hanya terbuat dari karet dan kulit saja tetapi juga besi. Di mana ada besi tentu karat bisa terjadi.  (Vita)

One thought on “Bagian Mobil yang Rawan Berkarat

  1. Pingback: Cara Merawat Mobil Dengan Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE