Bahaya Kecanduan Internet

Internet memang telah mengubah dunia. Bagaimana tidak, hanya dengan satu klik, kita bisa “menjelajahi” dunia dari depan laptop atau komputer kita saja. Apalagi bila kita menggunakan paket internet murah dan cepat, maka tarif sudah bukan lagi menjadi halangan dalam berselancar di dunia maya. Tidak heran banyak orang yang kemudian kecanduan dengan internet sampai-sampai melupakan waktu dan kegiatan lainnya yang seharusnya dilakukan. Inilah saat di mana, seperti kecanduan lainnya, kecanduan internet menjadi berbahaya.

Bahaya Kecanduan Internet

Berikut beberapa dampak negatif dari kecanduan internet yang bisa membahayakan diri sendiri dan bahkan orang di sekitar kita.

Dampak pada kesehatan

Ternyata ada banyak bahaya kesehatan yang mengintai sebagai dampak dari kecanduan internet, mulai dari kesehatan fisik hingga mental. Posisi duduk dengan punggung yang sedikit membungkuk dalam waktu lama saat berinternet bisa berakibat munculnya nyeri pada punggung dan leher. Selain itu, menatap layar komputer atau handphone terlalu lama juga bisa menyebabkan mata berair dan sakit kepala. Bahkan, menghabiskan banyak waktu terlalu lama di internet juga bisa menyebabkan masalah obesitas alias kegemukan. Bagaimana tidak, sebagian besar orang biasanya browsing internet di temani dengan snack dan soft drink.

Dampak pada mental

Beberapa penelitian mengaitkan kecanduan internet dengan depresi. Suatu penelitian yang dilakukan oleh Instutite of Psychological Sciences di Leeds, Inggris menemukan bahwa peserta penelitian yang memiliki gejala kecanduan internet lebih tertarik dengan situs-situs yang mengandung pornografi, games, social networking, dan chatting. Para peneliti menyebutkan ketergantungan mereka terhadap situs-situs tersebut untuk menggantikan kehidupan nyata bisa berakibat pada depresi.

Dampak pada orang sekitar

Selain berdampak pada diri sendiri, ketagihan akan internet ini juga bisa berbahaya bagi orang lain di sekitar kita. Masih ingat dengan kasus sepasang suami-istri di yang menelantarkan anaknya yang masih bayi hingga meninggal dunia beberapa waktu lalu karena asik bermain game online di warnet Korea Selatan? Nah, kasus tersebut bukanlah kasus satu-satunya. Masih banyak kasus-kasus di mana seseorang menelantarkan anggota keluarganya karena terlalu asik berselancar di dunia maya. Hal ini tentunya sangat menyedihkan, karena artinya orang tersebut “membarter” orang dalam kehidupan nyatanya dengan kehidupan virtual di internet.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari kecanduan terhadap internet ini? Caranya sebenarnya tidak terlalu sulit, kita bisa mulai dengan tidak berlebihan dalam menggunakan internet. Berikanlah batasan waktu saat menjelajahi internet pada diri sendiri dan jangan acuhkan anggota keluarga kita demi internet. (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE