Bambang Widjojanto Sang Pemberantas Korupsi di Indonesia

sumber: oecd.org

KPK atau lebih dikenal dengan Komisi Pemberantasan Korupsi sebuah lembaga independen yang berdiri pada tahun 2002 dengan tujuan memberantas korupsi di Indonesia. KPK sendiri juga bertanggung jawab langsung kepada Presiden, DPR dan BPK.

 

Berikut ini ketua KPK dari tahun 2002 – sekarang :

NoNamaMulai JabatanAkhir Jabatan
1Taufiequrachman Ruki20032007
2Antasari Azhar20072009
3Tumpak Hatorangan Panggabean20092010
4Busyro Muqoddas20102011
5Abraham Samad20112015

sumber: wikipedia

Bambang Widjojanto

Sumber: jakartasatu.com

Dan para ketua memiliki wakil ketua yang dapat juga memberikan masukan dan keputusan bersama, dan yang saat ini sedang hangat dibicarakan adalah sosok wakil ketua KPK dibawah pimpinan Abraham Samad yaitu Bambang Widjajanto, siapa Bambang Widjojanto? Mari kita kenal lebih dekat sosok beliau

Bambang Widjojanto dilahirkan di Jakarta pada tanggal 18 Oktober 1959 adalah seorang pengacara Indonesia. Beliau adalah salah satu pendiri Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) bersama almarhum Munir”.

Beliau sendiri memiliki latar belakang yang sangat memuaskan, berikut latar pendidikan yang saya kutip dari Wikipedia :

Pendidikan

  • Sastra Belanda di Universitas Indonesia (UI), tidak selesai.
  • Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Jayabaya, 1984.
  • Program Postgraduate, School of Oriental and Africand Studies, London University.
  • Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, 2009.

Prestasi atau beberapa kasus yang mencuat saat Abraham samad, Bambang Widjojanto dan tim lainnya adalah Kasus Korupsi Wisma Atlet, Kasus Korupsi Hambalang, Kasus Gratifikasi Impor Daging Sapi, Kasus Gratifikasi SKK Migas, Kasus Pengaturan Pilkada Kabupaten Lebak. Beberapa orang yang ditangkap/ditahan/dituntut KPK diantaranya adalah: Andi Malarangeng, Muhammad Nazaruddin, Angelina Sondakh, Anas Urbaningrum, Akil Mochtar, Ratu Atut Chosiyah, Ahmad Fathanah, Luthfi Hasan Ishaq, Rudi Rubiandini, dll.

Dan sosok beliau bukan hanya ditakuti oleh para pelaku korupsi tapi juga sangat disegani dan bersahabat dengan siapapun. Beliau juga sangat mencintai keluarganya salah satu yang mungkin dapat diketahui jika beliau sangat mencintai keluarga adalah mengantarkan anaknya yang ingin bersekolah dan hal ini terjadi pada saat sebelum beliau ditangkap oleh pihak kepolisian, menurut pihak yang menangkap beliau terkait karena kasus Sengketa Pilkada Kotawaringin Barat yang pernah ditangani beliau pada tahun 2010.

Terlepas dari apapun yang memang pernah terjadi ataupun sedang terjadi, beliau merupakan salah satu sosok yang sangat patut dibangga oleh putra dan putri bangsa Indonesia dan sudah pasti kita harus menceritakan kepada anak cucu kita terhadap semua prestasi yang sudah dicapai oleh KPK khususnya Abraham Samad, Bambang Widjojanto dan semua tim KPK yang ada. ejr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE