Ban dengan Ban Dalam atau Ban Tubeless ?

Ban Dengan Ban Dalam atau Ban TubelessBan motor terbaik merupakan julukan untuk ban dengan kualitas terbaik. Pada prinsipnya semua merk dan jenis ban sepeda motor yang kini banyak dijual di pasaran merupakan ban motor terbaik. Namun itu tergantung bagaimana kesesuaian antara ban yang digunakan dengan motor. Ban motor sendiri merupakan komponen yang sangat penting dalam laju kendaraan sekaligus keamanan pengendara sepeda motor. Dilihat dari fungsinya yang vital, ternyata ban motor memiliki beberapa tugas utama seperti:

  • Penyalur tenaga dari mesin motor dengan dibantu oleh dua komponen lain gear set dan rantai, sehingga motor bisa berjalan di permukaan jalanan.
  • Menjadi penyengga dari beban kendaaan baik itu penumpang ataupun barang yang dibawa.
  • Sebagai media untuk membantu meneruskan fungsi kemudi yang ada pada stang motor.
  • Membantu dalam proses pengereman motor.
  • Sebagai suspensi atau penahan dari permukaan jalan baik itu aspal ataupun tanah.

Yang kita ketahui bersama, bahwa memang banyak jenis ban sepeda motor terbaik namun ada dua pilihan ban yaitu ban yang menggunakan ban dalam (tube type) dan juga ban yang tidak menggunakan ban dalam (ban tubeless). Mana yang Anda pilih, Ban dengan Ban Dalam atau Ban Tubeless ? Berikut penulis coba menjelaskan satu per satu mengenai kedua tipe ban sepeda motor tersebut.

Ban dengan Ban Dalam (Tube Type)

Jenis ban motor merupakan ban yang menggunakan dua jenis ban secara sekaligus, yakni ban luar dan juga ban dalam. Jenis ban ini biasanya digunakan pada jenis motor bebek, matic, dan motor-motor yang memang masih menggunakan ukuran ban yang tidak terlalu besar. Bahkan tidak hanya itu, jenis ban ini juga ternyata sering digunakan untuk motor cross atau off-road. Kenapa ? Karena ban ini tidak akan merusak velg ketika menempuh trek yang ekstream dan pada keadaan yang overload (berlebihan beban). Selain itu ada beberapa kelebihan dari jenis ban ini antara lain :

  • Harganya yang masih terjangkau alias murah. Untuk harga dari tipe ban ini relatif terbilang murah dan terjangkau, sehingga tipe ban ini masih banyak yang menggunakan. Terkadang ada beberapa toko ban yang memberikan harga satu paket.
  • Dapat digunakan untuk semua jenis velg. Tipe ban tube type ini tidak perlu memikirkan lagi jenis velg khusus yang sesuai dengan tipe ban ini.
  • Jasa tambal ban banyak dan mudah ditemukan. Ketika bocor, si pengendara motor tidak perlu repot-repot lagi untuk menuntun motor dengan bannya yang bocor ke tukang tambal ban. Karena jasa tambal ban ini sudah banyak dan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Bahkan biaya penambalan ban tube type ini cukup terjangkau. Tapi hati-hati yah, jangan sembarang memilih jasa jasa tambal ban di pinggir jalan.
  • Tidak merusak velg. Ban tube type ini justru lebih kuat dalam menahan benturan atau hantaman dari jalan-jalan yang rusak dan bisa membuat velg ban menjadi rusak.

Ban Tanpa Ban Dalam (Ban Tubeless)

Tipe ban tubeless kini makin sering diproduksi sebagai standar langsung dari pabrik untuk seluruh jenis motor dirakit. Namun memang sebelumnya tipe ban tubeless ini hanya digunakan untuk motor-motor sport. Kenapa kini ban tubeless banyak digunakan ? Ini karena menurut banyak pengendara motor, ban tubeless termasuk tipe ban motor yang praktis dimana tidak perlu menggunakan ban dalam. Selain itu, ada beberapa keunggulan dari tipe ban tubeless ini seperti :

  • Awet dan tahan lama. Ban tubeless ini mempunyai daya tahan yang tinggi, sehingga ini membuatnya lebih awet. Namun tentu setiap ban akan punya masa penggunaannya, oleh karena itu perhatikan selalu tingkat keausan dari ban tersebut.
  • Memiliki tingkat kestabilan tinggi. Selain awet dan praktis, ban tubeless juga memiliki tingkat kestabilan yang tinggi. Sehingga tidak akan masalah jika dipacu dalam kecepatan tinggi, apalagi ketika bermanuver membuat kendali pada kemudi menjadi lebih baik seperti pada ajang balap motor
  • Tidak langsung habis angin dalam ban (kempes). Ban tubeless dibuat dengan desain secara khusus sehingga tidak membuat ban tidak langsung kemps meskipun telah tertusuk paku atau ranjau lainnya.
  • Cepat ketika menambal. Ketika menambal ban tubeless ini terbilang cukup cepat dan singkat bahkan tidak lebih dari 15 menit. Cukup dengan menusukkan bahan penambal pada lombang ban dan kemudian ditarik kembali untuk melepaskan bahan penambal tersebut.

Setiap tipe ban sepeda motor tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, namun semua balik lagi kepada kebutuhan dan dana yang Anda dimiliki. Jadi pilih tipe ban yang mana ? Semoga artikel ini bisa membantu! -apuy-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE