Bangga, Ini Dia 3 Sutradara Wanita Berbakat Asal Indonesia!

Mungkin di industri perfilman nama sutradara- sutradara masih lebih dikenal dibandingkan wanita. Meskipun demikian, ada banyak wanita di balik layar dan berperan sebagai sutradara berbakat. Beberapa film hasil karya mereka mungkin juga sudah pernah kamu tonton di aplikasi nonton film Indonesia. Bisa sebutkan siapa saja sutradara wanita Indonesia yang berbakat dan menginspirasi? Ini dia daftarnya!

Mouly Surya

Mouly Surya

image source: SBS

Mouly Surya merupakan salah satu sutradara wanita yang inspiratif. Beberapa karyanya bahkan berhasil menyabet penghargaan di kancah Internasional. Salah satunya adalah film berjudul “What They Don’t Talk About When They Talk about Love” (2013). Film ini berhasil menembus Sundance International Film Festival di Amerika Serikat, Hong Kong International Film Festival, Rotterdam International Film Festival di Belanda, dan Goteborg International Film Festival di Swedia. Wah, menakjubkan ya! Selain itu, karya Mouly Surya yang tak kalah menarik adalah Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017). Film ini berkisah tentang Marlina, perempuan tangguh yang tidak menyerah pada takdirnya di lingkungan yang patriarkis. Tak hanya sukses di Indonesia, film ini juga menjadi nominasi di Asia Pacific Screen Awards 2017.

Nan T. Achnas

Nan T. Achnas

image source: YouTube

Wanita kelahiran Singapura ini juga menjadi salah satu sutradara kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, semenjak kuliah, Nan T. Achnas telah berhasil meraih Grand Prix dalam Asian Young Cinema Film Festival Tokyo dengan karyanya yang berjudul The Only Day (1988). Lalu, salah satu film sukses Indonesia yang dihasilkan oleh Nan T. Achnas  adalah Film Pasir Berbisik (2001). Tentunya kamu sudah pernah mendengar film ini, kan? Ya, film Pasir Berbisik sempat meraih 5 penghargaan dan 4 nominasi dari 9 film festival di dunia. Hebat ya!

Nia Dinata

Nia Dinata

image source: Brilio

Sutradara wanita yang memiliki nama asli Nurkurniati Aisyah Dewi ini juga telah menghasilkan beberapa karya yang sukses. Misalnya saja lewat film Arisan! (2004), film ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan seperti Festival Film Indonesia dan MTV Movie Awards. Menyusul kesuksesan film Arisan, film Arisan! 2 karya Nia Dinata juga mendapatkan apresiasi yang cukup hangat dari masyarakat. Bahkan film ini sangat populer di Belanda dan berhasil menembus Los Angeles Asian Pasific Film.  (source:blog.gotomalls)

Nah, dari ketiga sutradara di atas, mana yang paling kamu kagumi? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE