Banyak yang Tidak Tahu, Begini Cara Berolahraga yang Benar di Pagi Hari

olahraga

image source: kompas

Banyak cara untuk menjaga kesehatan, mulai dari menjaga pola makan, mengikuti asuransi kesehatan terbaik dari Allianz Indonesia, hingga rutin berolahraga tiap pagi. Ngomong-ngomong soal olahraga pagi, tentunya Anda sudah tahu berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga pagi, tapi mungkin hanya sedikit yang tahu bagaimana cara melakukan olahraga yang tepat di pagi hari. Supaya tidak salah, sebaiknya ketahui dulu apa saja yang perlu Anda lakukan agar olahraga pagi lebih efektif.

  • Minum Air Putih Terlebih Dahulu

Sebelum berolahraga, biasakan Anda meminum air putih dua atau tiga gelas agar tidak dehidrasi. Bukan cuma sebelum olahraga, tapi akan lebih baik lagi jika Anda terbiasa untuk minum air putih langsung setelah bangun tidur untuk mengisi cairan tubuh dan meningkatkan konsentrasi otak di pagi hari.

  • Jangan Skip Sarapan

Bukannya sehat, berolahraga dengan perut kosong justru bisa menimbulkan masalah pada kesehatan. Karenanya, jangan sampai Anda lupa untuk mengonsumsi sarapan di pagi hari sebelum olahraga. Namun jenis sarapannya juga tidak boleh sembarangan lho. Sebaiknya makan dalam jumlah yang sedikit saja agar tidak kekenyangan yang nantinya justru mengganggu olahraga Anda.

Selain porsi, perhatikan juga jenis makan Anda. Menu sarapan yang baik sebenarnya adalah buah pisang karena mengandung magnesium, karbohidrat, serta kalium yang akan mempersiapkan diri Anda sebelum berolahraga. Oatmel juga bagus untuk karena kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi namun tidak terlalu berat seperti nasi. Oh iya, kalau bisa jangan memilih makanan yang banyak mengandung serat dan lemak ya!

  • Pemanasan Dahulu

Meski terlihat sepele, pemanasan sebelum berolahraga wajib Anda lakukan. Bayangkan jika otot Anda dipaksa untuk langsung melakukan olahraga yang berat seperti berlari atau bersepeda. Hal yang seperti itu bisa membuat otot Anda kram nantinya. Jadi, jangan pernah skip pemanasan ya! Pemanasan dengan gerakah sederhana sekitar 5-10 menit saja cukup kok! Kalau kamu ingin mengetahui gerakan pemanasan yang tepat, kamu bisa cek di internet. Meski sebentar, tapi besar manfaatnya.

Well, setelah Anda selesai melakukan 3 hal di atas, Anda pun siap untuk melakukan olahraga pagi. Jangan sampai kesiangan dan lakukanlah olahraga yang paling Anda suka! (Rima)

Sumber: http://www.akusehatku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE