Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Sebelum 2017

Tinggal tujuh minggu lagi yang tersisa di tahun 2016 sebelum kita menyambut 2017. Hal apa saja yang sudah dicapai dan apa saja yang gagal diwujudkan di tahun ini? Apakah semua resolusi yang ditetapkan di awal tahun sudah tercapai semua? Apakah cita-cita traveling dengan tiket dan asuransi perjalanan yang disiapkan di Januari 2016 sudah terwujud?

Tahun 2017

Well, jangan sedih jika semua pertanyaan di atas dijawab dengan kata “tidak”. Masih ada sedikit waktu untuk mewujudkannya, kok. Ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat akhir tahunmu menjadi lebih produktif.

  • Mulai berpikir tentang resolusi. 2017 sudah di depan mata

Mulailah berpikir tentang apa yang ingin dicapai di tahun yang akan datang. Tidak perlu memikirkan resolusi yang muluk, tetapi pikirkan apa yang paling kamu inginkan untuk lakukan di 2017. Misalnya, di tahun 2017 kamu ingin lebih sering travel, ingin menabung lebih banyak, atau ingin melanjutkan kuliah. Tentukan visi besar untuk tahun yang akan datang supaya kamu bisa menyusun rencana!

  • Tulis surat untuk dirimu sendiri

Pikirkan baik-baik tentang hal apa saja yang telah kamu lalui sepanjang tahun 2016. Pencapaian apa yang sudah kamu lakukan, masalah apa yang kamu hadapi, dan apa yang membuat kamu risau di tahun ini. Berikan pujian pada dirimu sendiri dan tulis apa-apa yang kamu suka dalam dirimu. Hal ini bisa membuatmu lebih mengapresiasi diri dan menjalani hidup dengan lebih lapang dada.

  • Donasikan barang-barang yang sudah tidak terpakai

Awali tahun baru dengan sesuatu yang baru. Tetapi, bukan berarti kamu harus menggunakan semua barang baru untuk menjalani tahun 2017. Coba cek lemari pakaian, lemari buku, dan juga koleksi barang-barang pribadimu. Pastinya ada beberapa benda yang tidak kamu suka atau tidak kamu pakai, tetapi masih menumpuk di sana bukan? Daripada dibiarkan menumpuk, lebih baik donasikan saja barang-barang tersebut pada mereka yang membutuhkan. This is a clean start!

  • Buat rencana perjalanan

Kunjungilah tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Tidak harus jauh hingga ke luar negeri. Di Indonesia sendiri, pastinya ada tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Carilah pengalaman baru dengan mengeksplorasi tempat wisata baru.

Semoga empat hal di atas bisa membantu kamu untuk menjalani sisa tahun ini dengan lebih bermakna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE