Beberapa Jenis Bahan Makanan Khas Jepang

Akira Back JakartaNegara Jepang tidak hanya terkenal dengan keindahan bunga Sakuranya, tetapi juga terkenal dengan kelezatan kulinernya. Di Jakarta sendiri, ada banyak sekali restoran yang sangat terkenal, seperti contohnya Akira Back Jakarta yang merupakan restoran Jepang yang berlokasi di MD Place, JL. Setiabudi Selatan No 7. Restoran ini mengambil konsep baru yang inovatif dan menarik dengan menggabungkan cita rasa Jepang yang khas dengan masakan korea.

Masakan Jepang memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan kuliner khas Indonesia. Jika pada umumnya kuliner Indonesia menggunakan rempah-rempah dan beberapa bumbu dapur lain seperti bawang, dalam masakan Jepang sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan ini. Masakan Jepang umumnya menggunakan 5 bumbu utama yang terkenal dengan nama sashisuseso (sesuai urutan bumbu dimasukkan ke dalam masakan), yaitu Satō (gula), Shio (garam), Su (cuka), Seuyu (shōyu) dan Miso. Selain kelima bumbu utama tersebut, masih ada  beberapa bahan dan bumbu yang umum digunakan dalam masakan Jepang, antara lain:

  • Wasabi

Bagi penikmat kuliner Jepang, pasti sudah tidak asing dengan wasabi. Berbentuk seperti pasta berwarna hijau, terbuat dari akar tanaman keluarga kubis yang mirip dengan horseradish (sejenis lobak). Wasabi terkenal memiliki rasa yang kuat dan aroma yang tajam menusuk hidung, dan tidak jarang membuat orang yang memakannya menangis. Wasabi umumnya dihidangkan bersama sushi.

  • Dashi

Dashi hampir serupa dengan kaldu bubuk instan yang sering digunakan dalam masakanIndonesia, hanya saja dashi terbuat dari konbu, ikan dan shiitake, ditambahkan dengan miso dan shōyu. Berbentuk butir-butiran berukuran kecil dan memiliki rasa ikan yang sangat kuat dan gurih. Bagi yang tidak begitu menyukai ikan, ada baiknya menggunakan dashi dalam ukuran yang sangat sedikit.

  • Kaiso

Kaiso merupakan rumput laut yang sangat umum digunakan dalam masakan Jepang. Kaiso ini terdiri dari 3 jenis, yaitu konbu, wakame dan nori. Konbu adalah rumput laut yang berbentuk datar, lembaran hitam, keras dan terdapat bubuk putih di permukaannya. Konbu biasa digunakan untuk membuat dashi dan kaldu sup. Untuk menggunakan konbu, kita harus mengusap lembaran konbu dengan kain basah untuk menghilangkan bubuk putihnya, namun jangan mencucii konbu karena akan mengurangi rasanya.

Jenis rumput laut yang kedua adalah wakame, merupakan rumput laun yang harus direndam terlebih dahulu sebelum digunakan. Biasanya dijual dalam bentuk lembaran dan sering digunakan dalam sup miso atau salad sunomono. Jenis rumput laut yang ketiga yaitu nori, merupakan rumput laut yang paling terkenal di Indonesia dan sering digunakan untuk pembuatan sushi atau sebagai topping beberapa jenis makanan. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE