Begini Cara Memasak yang Tepat Agar Rendah Kolesterol

Bagi Anda yang menderita kolesterol mungkin seringkali bosan dengan menu makanan yang terbatas. Sebab salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi adalah menghindari makanan berminyak dan berlemak. Lalu bagaimana ketika Anda sedang ingin makan gorengan atau daging-dagingan? Jangan khawatir, kolesterol bukan berarti Anda tidak bisa lagi makan enak. Ada beberapa cara memasak yang tepat agar makanannya tidak membuat kolesterol Anda melonjak naik. Berikut caranya, yuk simak!

Memasak

Photo : Health Liputan6

  • Memanggang makanan

Sebisa mungkin penderita kolesterol harus menghindari gorengan. Karena itu, cobalah untuk alternatif memasak lain, yaitu dengan memanggang. Dari segi kesehatan, memanggang lebih baik daripada menggoreng karena prosesnya tetap dapat mempertahankan nilai gizi dan tidak menambah jumlah lemak. Hal inipun berlaku saat Anda menyiapkan makanan untuk anak Anda yang memiliki risiko mengalami kolesterol tinggi. Sebab konsumsi  gorengan berlebihan merupakan salah satu penyebab anak mengalami hiperkolesterolemia.

  • Gunakan minyak yang baik

Namun, Anda juga masih bisa menikmati gorengan asalkan menggunakan minyak yang sehat. Anda bisa mengganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun dan sejenisnya. Setelah itu, pastikan Anda menggorengnya saat minyak sudah panas agar cepat matang dan tidak terlalu banyak minyak yang mengendap. Kemudian tiriskan di atas kertas minyak atau tisu untuk mengurangi kadar minyak pada masakan. Namun jangan mengonsumsi gorengan terlalu banyak lho!

  • HIndari lemak

Masakan yang berbahan dasar daging cenderung memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Namun Anda tetap bisa makan daging dengan enak kok. Hanya saja, bersihkan dulu daging dari lemak. Untuk daging ayam, Anda bisa membuang bagian kulitnya dulu sebelum memasak.

  • Menyimpan masakan di kulkas

Jika Anda ingin mengurangi kadar kolesterol, Anda bisa menyimpan daging rebus atau sup di dalam kulkas terlebih dahulu. Kandungan lemaknya nanti akan mengeras dan menggumpal di permukaan sehingga lebih mudah untuk disingkirkan dari masakan.

  • Menambahkan lemon

Untuk penggemar seafood, Anda tetap bisa mengonsumsi udang asalkan mengolahnya dengan tepat dan tidak mengonsumsi dalam jumlah berlebihan. Agar lebih aman dikonsumsi, Anda bisa memasak udang dengan cara direbus bersamaan dengan perasan lemon, rempah-rempah, dan bawang putih.

Jadi, meskipun kolesterol tinggi, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan enak asalkan menerapkan beberapa tips di atas. Namun jangan lupa konsultasikan kondisi Anda ke dokter terlebih dahulu ya. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE