Begini Cara Menjaga Agar Lambung Tetap Sehat

Asam LambungTidak bisa disangkal, menjaga agar lambung tetap sehat merupakan masalah yang harus dihadapi. Kebiasaan hidup yang tidak sehat serta kesibukan yang padat membuat kamu seringkali melupakan kondisi lambungmu, nih. Bahkan tak jarang kamu melewatkan waktu makan atau malah mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Alhasil, lambung pun menjadi infeksi dan kamu harus minum obat penyakit lambung agar aktivitas tidak terganggu.

Namun demikian, bukan berarti menjaga lambung agar tetap sehat menjadi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Kamu bisa kok menjaga lambung dengan melakukan beberapa kegiatan sederhana di bawah ini:

  • Jaga pikiran agar jangan sampai stres. Percaya tidak percaya, stres ternyata berhubungan dengan kondisi kesehatan lambung kita, lho. Ketika kita stres, maka nafsu makan cenderung berkurang dan akibatnya akan mempengaruhi pencernaan. Tidak hanya itu, dalam beberapa kasus, stres juga membuat perut terasa tidak nyaman, nyeri, dan memunculkan berbagai masalah kesehatan seperti tukak lambung dan kolitis ulserativa.
  • Banyak mengonsumsi serat. Yap, makanan yang berserat tinggi bisa membantu kamu untuk merawat lambung, nih. Sebab serat mampu melancarkan pencernaan serta mengurangi sembelit. Tidak hanya itu, serat juga bisa mengobati berbagai masalah kesehatan seperti tukak lambung, divertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus berat. Kamu bisa mendapatkan manfaat serat dari sayur-sayuran dan juga buah-buahan.
  • Kurangi mengonsumsi makanan pedas dan asam. Makanan yang pedas dan asam memang banyak digemari oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, sesuatu yang berkuah, asam, dan juga pedas selalu berhasil meningkatkan selera makan kamu. Hanya saja, patut diperhatikan bahwa makanan yang asam dan pedas juga bisa meningkatkan asam klorida di dalam lambung. Akibatnya, lambung pun perlahan-lahan akan mengalami iritasi dan kamu akan merasakan nyeri di perut. Sebenarnya, boleh saja mengonsumsi makanan pedas dan asam, asalkan tidak berlebihan dan jangan dikonsumsi saat perut kosong.

Selain melakukan beberapa hal di atas, biasakan untuk makan secara perlahan dan tidak terburu-buru untuk mempermudah kerja lambung. Jangan melewatkan waktu makan dan rajin-rajin minum air putih, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE