Begini Caranya Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

kuota internet habis

image source: Citizen6

Sering merasa kuota internet jakarta kalian cepat habis? Well, bukan kalian saja nih yang sering merasakan hal ini. Pasalnya, sebagian besar pengguna internet juga sering mengalami hal yang sama! Nah, kalau ini terjadi pada kalian, coba deh ikuti trik di bawah ini agar kuota kalian tidak cepat habis.

  • Selalu perhatikan penggunaan data. Salah satu cara mudah untuk menjaga agar pemakaian kuota tidak di luar batas adalah dengan memerhatikan penggunaan data. Kita bisa kok memantau penggunaannya di ponsel atau meminta bantuan aplikasi untuk keep in track. Dari sini, kita bisa melihat aplikasi mana saja yang paling memakan kuota, apakah itu sosial media, youtube, aplikasi streaming musik, atau malah aplikasi game. Selanjutnya, kita bisa batasi penggunaan atau mengurangi pemakaian data untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.
  • Nonaktifkan pembaruan otomatis. Pembaruan otomatis merupakan fitur yang diberikan oleh ponsel untuk secara otomatis mengunduh setiap pembaruan yang ada di tiap aplikasi. Fitur ini memang memudahkan dan sangat simpel, hanya saja hal ini bisa memakan banyak kuota kalau tidak diperhatikan dengan benar. Sebaiknya, nonaktifkan fitur ini dan nyalakan ketika kita terkoneksi dengan wifi saja.
  • Jangan terlalu sering mengunduh aplikasi. Kadang ketika kita sedang bosan, kita kerap membuka App Store atau Play Store untuk melihat-lihat aplikasi menarik yang ada di sana. Kalau ada yang membuat kita penasaran, tanpa segan kita akan mengunduhnya tanpa tahu aplikasi ini benar-benar menarik atau tidak. Akibatnya, selama proses itu kita telah mendownload beberapa aplikasi sekaligus namun tak ada aplikasi yang benar-benar terasa menarik. Well, sebaiknya kurangilah hal ini. Mengunduh aplikasi dengan menggunakan kuota internet sangatlah boros. Disarankan untuk mengunduh ketika sedang terkoneksi internet saja.
  • Jangan streaming video. Menonton video merupakan aktivitas paling menarik untuk dilakukan saat sedang terjebak macet. Akan tetapi, jangan heran deh jika kuota internet tiba-tiba habis hanya karena kita memutar satu video saja. Yap, memutar video memang sangat memakan kuota oleh sebab itu disarankan untuk tidak melakukannya jika kalian ingin menghemat kuota.

Itu dia empat hal sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menghemat kuota. Semoga berhasil dan selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE