Belajar Menjadi Seorang Sutradara Film

Ketika berbicara tentang film terbaik Indonesia, pasti yang teringat selain pemainnya adalah sutradara yang memproduksi film tersebut. Bahkan, banyak orang yang tadinya tidak tertarik menonton sebuah film, namun karena melihat nama sutradaranya, langsung merasa yakin bahwa film tersebut bagus dan tertarik menyaksikannya di bioskop. Sebab itulah, film yang diproduksi oleh sutradara ternama, apalagi yang sudah pernah memenangkan penghargaan akan lebih mudah dipromosikan.

Belajar Jadi Sutradara Film

Namun, untuk menjadi seorang sutradara profesional dan terkenal, tentulah bukan hal yang mudah dan dapat dicapai dalam waktu singkat. Mereka juga membutuhkan waktu yang cukup panjang, untuk menunjukkan hasil karya yang berkualitas. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk menjadi seorang sutradara, akan lebih baik jika kamu mulai mempelajarinya sejak awal. Bingung caranya? Tidak sulit kok, berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Kritis saat menonton

Jika selama ini kamu menonton film hanya untuk hiburan saja, cobalah untuk lebih detail memperhatikan segala sesuatu dalam film. Dari mulai kesesuaian pemilihan pemain dengan karakter, setting lokasi, alur cerita, dan segala hal lainnya. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan apa saja yang menjadi kelebihan film tersebut, dan kesalahan apa yang ada di dalam film tersebut. Setidaknya kamu harus menemukan lebih dari 10 kesalahan, supaya kamu bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kamu juga harus belajar untuk menyaksikan semua genre film, karena mungkin saja suatu saat nanti kamu akan memproduksi sebuah film dengan genre yang tidak kamu sukai sebelumnya.

  • Pahami dasar pengambilan gambar

Cobalah untuk mulai belajar mengenai teknik pengambilan gambar yang baik, sudut yang tepat, dan berbagai jenis lensa. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk membuat sebuah karya berkualitas. Sebab, sebagus apapun alur cerita dari film yang dibuat, jika gambar diambil dari sudut yang salah akan membuat film tidak menarik.

  • Cobalah membuat film pendek

Pembelajar yang paling baik adalah dari pengalaman. Sebab itulah,jika kamu sudah mulai merasa paham dasar-dasarnya, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk membuat sebuah film pendek. Tidak perlu terlalu panjang dulu, coba saja membuat sebuah adegan selama 10 menit. Untuk skenarionya sendiri, kamu bisa menulis sendiri atau meminta bantuan pada seseorang yang menurutmu sudah berpengalaman.

  • Mendaftar ke sekolah perfilman

Langkah terakhir, jika kamu memang serius kamu bisa mendaftar ke sekolah perfilman. Di sini kamu akan bisa lebih mendalami berbagai hal tentang produksi film. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE