Beragam Danau di Indonesia

danau di indonesiaWah, liburan sudah hampir tiba nih! Yuk, susun destinasi perjalananmu bersama kami! Dalam artikel kali ini, kami akan mengenalkan kalian dengan danau-danau unik yang ada di Indonesia. Jika tertarik, mungkin kalian bisa mengunjunginya ketika liburan nanti. Jangan lupa juga untuk membeli tiket pesawat dengan memanfaatkan promo internet banking yang disediakan oleh beberapa bank untuk para nasabahnya. Yuk, simak bersama-sama!

  1. Danau Kelimutu

Ini dia danau tiga warna yang terkenal di Indonesia: Danau Kelimutu. Danau ini terletak di Taman Nasional Kelimutu, sekitar 66 km dari Kota Ende dan 83 km dari Maumere. Kalau kalian ingin berkunjung ke tempat ini, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah bulan Juli atau Agustus. Datanglah ke sini pada dini hari atau menjelang subuh sehingga kalian bisa melihat matahari terbit yang terpantul di permukaan danau! Pemandangannya luar biasa sekali, loh!

  1. Danau Sentarum

Coba tebak, jika musim hujan muncul dan ketika musim kemarau menghilang. Wah, apa tuh? Jawabannya adalah Danau Sentarum. Danau ini berada di cekungan Sungai Kapuas dan dibatasi oleh bukit-bukit dan dataran tinggi yang mengelilinginya. Nah, karena kondisi tersebut, kawasan danau ini mempunyai kebiasaan yang unik. Ketika musim hujan datang, kawasan ini akan terendam air dan membentuk danau. Sebaliknya, ketika musim kemarau, air tersebut akan menghilang dan meninggalkan kawasan hijau yang luas.

  1. Danau Berdarah alias Danau Pagar Alam

Iiih, danau apa ini? Warna airnya merah seperti darah! Eiitts, jangan buru-buru merasa takut dulu! Meskipun warnya semerah darah, air danau ini sebetulnya jernih, loh. Ya, ini dia danau unik yang berada di Bengkulu. Namanya Danau Pagar Alam, meski orang-orang kerap menyebutnya sebagai Danau Berdarah. Danau ini terletak di Bukit Raja Mandare. Letaknya cukup terpencil sehingga untuk mencapainya, kalian harus berjalan kaki selama dua hari dengan melintasi kawasan Hutan Rimbacandi! Wow!

  1. Danau Linau

Wow, kalian tahu nggak kalau di Sulawesi ada juga danau yang mengandung kadar belerang seperti Danau Kawah Putih di Bandung? Ya, namanya Danau Linau! Permukaan Danau Linau punya warna yang berubah-ubah, loh. Kadang-kadang biru, lalu berubah menjadi kuning, atau berubah menjadi hijau. Kenapa ya? Rahasianya adalah kadang belerang tinggi yang terdapat pada air. Ketika matahari bersinar, maka cahayanya akan membuat warna air berubah-ubah sesuai dengan banyaknya cahaya yang dipantulkan. Keren, ya?

  1. Danau Weekuri

Selain pemandangan yang indah dan permukaan danau yang biru jernih, Danau Weekuri ini mempunyai keunikan tersendiri loh. Air danau ini terasa asin karena bercampuran langsung dengan laut. Ya, Danau Weekuri memang berbatasan langsung dengan laut dan dipisahkan oleh karang-karang. Air laut ini akan memasuki sela-sela gugus karang yang membentengi danau sehingga membentuk lingkaran besar menyerupai kolam raksasa. Danau Weekuri terletak di Sumatera Barat, sekitar 60 km dari Tambolaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE