Berat Badan Turun Drastis dengan Diet Berbahaya?

Pada dasarnya semua orang menginginkan berat badan yang ideal. Karena itulah orang yang merasa tubuhnya gemuk akan menggunakan beragam Cara Menurunkan Berat Badan sedangkan orang yang kurus berusaha menaikkan berat badannya. Keinginan untuk mendapatkan berat badan yang ideal dalam waktu singkat ini yang pada akhirnya sering menjadi masalah, terutama pada kasus penurunan berat badan.

diet cepatDalam beberapa kasus, berusaha menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat memang di butuhkan. Misalnya saja pada kasus orang yang menderita obesitas dan overweight yang sudah benar-benar melampaui batas, sehingga tidak hanya berpengaruh pada kesulitan beraktifitas saja, tetapi juga mengganggu kesehatan. Namun penurunan berat badan ini pun harus di damping oleh seorang ahli gizi agar segala nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan orang tersebut tetap terpenuhi selama proses pengaturan pola makan.

Sementara saat ini banyak sekali orang yang merasa berat badannya naik, dan langsung melakukan beragam diet untuk menurunkan berat badan dan mengkonsumsi obat pelangsing perut. Bahkan seringkali melakukan diet yang tergolong ekstrim. Padahal dengan melakukan diet ketat atau beragam cara lainnya untuk menurunkan berat badan secara drastis ini akan sangat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa efek negatifnya:

• Kekurangan Gizi
Saat melakukan diet ketat apalagi jika tidak di dampingi oleh ahli gizi, seseorang cenderung menghindari beragam zat yang di anggap menjadi penyebab kenaikan badan. Padahal zat tersebut di butuhkan oleh tubuh selama dalam batas yang wajar. Hal ini yang pada akhirnya menyebabkan seseorang mengalami kekurangan gizi.

• Melemahnya Kerja Jantung
Ketika nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh tidak dapat terpenuhi dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Melemahnya kekebalan tubuh akan berpengaruh pada kerja jantung yang ikut melemah. Selain itu, program diet yang salah justru dapat berdampak pada naiknya kolestrol dalam darah yang berakibat pada melemahnya sistem kerja jantung.

• Gangguan Psikis
Ketika seseorang melakukan diet ekstrim dan akhirnya berhasil mendapatkan berat badan yang diinginkan, hal ini belum tentu aman. Karena terkadang akan berdampak pada psikis orang tersebut yang pada akhirnya merasa jika mereka makan, maka berat badannya akan kembali naik. Hingga orang tersebut akan merasa takut untuk makan.

• Menurunnya massa otot dan massa tulang
Berat badann yang turun dengan drastis biasanya bukan hanya lemak saja yang hilang, tetapi juga massa otot dan massa tulang. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan karena massa otot dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme pembakaran kalori serta meregulasi tekanan gula dalam darah akan sangat rendah.

• Mudahnya Berat Badan Naik Kembali
Saat massa otot hilang, maka ruang-ruang kosong itu akan terisi oleh lemak. Pada saat seseorang berhasil menurunkan tubuh dengan cepat dan kemudian kembali makan secara normal maka berat badannya akan lebih cepat naik dibandingkan sebelumnya.
Pada dasarnya melakukan diet untuk menurunkan berat badan adalah hal yang tidak dilarang. Tetapi ingatlah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam jumlah yang berbeda. Karena itu tetap perhatikan kebutuhan tubuh agar mendapat berat badan ideal dan tetap sehat. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE