Berbagai Makanan Khas Palembang

Makanan Khas PalembangSetiap daerah umumnya akan memiliki makanan daerah yang menjadi ciri khasnya, termasuk juga kota Palembang. Ketika sedang membicarakan mengenai makanan khas kota Palembang, secara umum orang akan menyebutkan 2 jenis makanan yang sangat terkenal, yaitu pempek danĀ  tekwan. Kedua makanan ini sangat terkenal tidak hanya di kota Palembang saja, tetapi juga diluar daerah itu sendiri. Apalagi, saat ini masyarakat yang tinggal di luar kota Palembang juga bisa menikmati pempek asli dari Palembang dengan melakukan pemesanan via Internet Palembang.

Dengan fasilitas ini, makanan khas Palembang ini dapat dinikmati oleh masyarakat di berbagai daerah tanpa harus datang ke kota Palembang. Namun, karena tekwan merupakan makanan yang berkuah dan sulit jika harus melalui proses pengiriman, makan ini belum bisa dibeli secara online. Meskipun begitu, para penggemar tekwan tidak perlu khawatir, karena sudah banyak sekali masyarakat yang menjual tekwan diberbagai daerah dan rasanya tidak kalah enak dari yang dijual di Palembang.

Selain pempek dan tekwan, sebenarnya kota Palembang masih memiliki makanan khas yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Berbagai makanan ini tidak begitu dikenal oleh masyarakat luar daerah Palembang, karena tidak banyak yang menjual makanan ini di kota lain. Berbeda dengan pempek dan tekwan yang dapat dengan mudah kita temui di berbagai lokasi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Palembang selain pempek dan tekwan:

  • Laksan

Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang telah dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu. Adonan ikan dan tepung ini dibuat memanjang dan kemudian direbus bersama kuah santan yang telah dicampur berbagai bumbu lainnya.

  • Celimpungan

Makanan ini menggunakan ikan tenggiri dan tepung kanji sebagai bahan dasar pembuatannya. Perbedaan paling jelas antara makanan ini dan laksan yaitu makanan ini tidak menggunakan santan sebagai kuahnya, tetapi menggunakan air yang diberikan berbagai bumbu yang ditumis.

  • Martabak Har

Berbeda dengan martabak yang sering kita lihat, martabak ini hanya berisi telur. Martabak ini disajikan dengan kuah kari yang berisikan daging. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE