Berbagai Sistem Telepon dalam Gedung Perkantoran

Biasanya, setiap gedung perkantoran atau gedung pemerintahan memiliki sistem telepon sendiri untuk menghubungkan semua jaringan telepon yang ada di dalam satu gedung. Jaringan telepon ini akan berpusat pada satu sistem yang mengatur keluar masuknya telepon. Mayoritas gedung perkantoran menggunakan sistem telepon PABX untuk jaringan teleponnya, namun tak sedikit pula yang menggunakan sistem telepon lain seperti MDF atau Main Distribution Frame dan juga Billing System PABX. Meski berbeda, ternyata ketiga hal ini saling berhubungan satu sama lain. Simak detailnya dalam artikel berikut ini, ya:

  1. PABX (Private Automatic Branch Exchange)

Telepon KantorPABX merupakan salah satu sistem telepon yang banyak digunakan oleh masyarakat luas di dunia perkantoran. PABX atau Private Automatic Branch Exchange merupakan sentral telepon otomat yang berfungsi sebagai pusat telepon. Perangkat ini digunakan untuk mengatur panggilan masuk dan meneruskannya ke nomor tujuan dengan mudah. Ada beberap jenis atau tipe perangkat telepon PABX,  misalnya saja PABX Digital, PABX Analog, dan juga PABX Hybrid.

  1. MDF (Main Distribution Frame)

MDF atau Main Distribution Frame merupakan kabinet bertemunya seluruh sambungan instalasi telepon, entah itu dari cabang atau dari luar. MDF memiliki dua sisi koneksi; satu koneksi untuk kabel dari terminal box, IDF, atau Telkom, sementara koneksi satunya lagi merupakan murni dari PABX. Kedua sisi koneksi akan dihubungkan dengan kabel jamper (hubung).

  1. Billing System

Billing System atau yang dikenal pula dengan Billing System PABX merupakan perangkat tambahan berupa software dan hardware yang dijalankan pada komputer yang juga terkoneksi dengan PABX. Fungsinya adalah untuk menghitung biaya pemakaian telepon per extention dalam kurun waktu tertentu. Billing System ini sengaja diciptakan untuk memonitor pemakaian telepon secara realtime, sehingga cocok untuk digunakan dalam kantor, hotel, atau apartemen. Dengan demikian, pengguna bisa mengawasi pemakaian telepon secara berlebihan dan menghentikan kebiasaan untuk menggunakan telepon di luar kebutuhan kantor.

Itu dia beberapa sistem telepon yang biasa digunakan dalam gedung perkantoran. Gimana, sistem mana yang digunakan di gedung kantormu? Coba cari tahu, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE