Berburu Kue-kue Imut Khas Indonesia

Kue Mini IndonesiaBiasanya jika Anda bertanya kepada turis asal mancanegara apa yang mereka suka dari Indonesia, jawabannya kalau bukan penduduknya yang ramah, ya makanannya. Memang betul kalau negara kita ini kaya akan macam-macam makanan, mulai dari kue-kue kecil hingga makanan berat. Untungnya meskipun zaman semakin modern, beberapa kue tradisional ini masih tersedia di sela-sela megahnya kota Jakarta. Diantara tingginya gedung-gedung perkantoran dan premium apartment jakarta, masih tersedia penjual kue-kue tradisional nikmat yang sering diburu para pembeli. Pokoknya Anda rugi jika belum pernah mencicipi kelezatan kue-kue berikut ini.

  1. Kue Pancong

Dari hari ke hari kue pancong nampaknya semakin banyak dicari. Namun, di beberapa tempat adonan kue pancong nampaknya sudah di modifikasi sedemikian rupa sehingga rasanya menyerupai kue cubit. Selain itu, cetakan untuk membuat kue pancong sama dengan cetakan kue pukis sehingga kue pancong memiliki bentuk yang sama persis dengan kue pukis. Namun jangan keliru, kue pancong aslinya memiliki rasa asin dan agak renyah karena menggunakan bahan dasar tepung beras dan santan.

  1. Kue Cubit

Ini dia kue yang baru-baru ini ngehits di Jakarta. Kue yang biasa dijual dipinggir jalan ini sekarang banyak tersedia di kafe-kafe. Rasanya yang lembut dan manis menjadi salah satu alasan mengapa kue ini selalu diserbu para pembeli. Kue cubit ini terbuat dari adonan yang berbahan dasar telur dan tepung terigu dan ditaburi messes. Tergantung selera Anda, kue cubit bisa dimasak matang atau setengah matang. Biasanya kue cubit setengah matang lebih diincar para penikmat jajanan tradisional karena rasanya yang masih hangat dan lumer di lidah.

  1. Kue Pukis

Dari dulu sampai sekarang, kue pukis selalu mudah dicari baik di pasar atau di pedagang pinggir jalan. Bisa dibilang kalau kue pukis ini merupakan paduan dari dua kue pancong dan kue cubit karena bentuknya sama dengan kue pancong namun memiliki rasa manis seperti kue cubit. Kue pukis ini memiliki tekstur yang emuk dan sangat cocok di sajikan dengan minuman hangat.

Semoga kini Anda tidak salah menyebut nama kue-kue tradsional Indonesia ya, dan selamat berburu kue-kue tradisional imut ini!  (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE