Berhentilah Sejenak Ketika Merasakan Tanda-Tanda Ini Saat Berolahraga

olahraga

image source: kompas

Tubuh yang sehat memang bisa didapatkan dengan cara rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan juga bisa membawa dampak buruk terhadap tubuh. Bukannya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar tapi justru malah sebaliknya. Nah, jika kamu sudah merasakan ciri-ciri berikut ini pada tubuhmu, tandanya kamu terlalu berlebihan berolahraga.

Otot Terasa Lemas dan Gemetar

Saat berolahraga, terkadang kamu memang mendorong diri agar bisa menyelesaikan gerakan yang berat dan melelahkan. Akan tetapi, perlu diingat, kalau tubuhmu juga memerlukan istirahat. Jika ototmu mulai terasa lemas dan gemetar, maka beristirahatlah sejenak. Otot yang gemetar menandakan bahwa tubuhmu sedang ada di level paling lelah. Jika terus dipaksakan untuk berolahraga, dikhawatirkan tubuhmu justru akan mengalami cedera.

Otot Terasa Keram

Merasa keram setelah olahraga sebenarnya adalah hal yang wajar, apalagi setelah kamu lama tidak melakukan olahraga. Akan tetapi, keram otot yang berlangsung agak lama bisa juga menjadi pertanda bahwa intensitas olahraga yang kamu lakukan terlalu berlebihan bagi tubuh. Pastikan kamu tidak memaksakan tubuh dan tetap memerhatikan reaksi yang diberikan oleh tubuh. Jika otot terasa keram, mungkin kamu perlu berisitirahat sejenak, mengonsumsi air, dan mengatur napas.

Peningkatan Denyut Jantung

Olaharaga yang berlebihan bisa juga ditunjukkan dengan peningkatan denyut jantung istirahat. Jika denyut jantung tadinya terjadi 50 kali permenit naik hingga menjadi 65 per menit, tandanya tubuhmu mengalami tekanan berlebihan.

Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang tak kunjung hilang setelah kamu berlari atau bersepeda juga perlu diwaspadai. Itu tandanya kamu tidak mempersiapkan tubuh untuk berolahraga dengan baik. Sakit kepala setelah berolahraha bisa disebabkan karena beberapa hal. Di antaranya adalah perubahan sirkulasi darah ke otak, kekurangan elektrolit, dan gula darah yang rendah.

Agar tidak terulang dalam olahraga berikutnya, pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik dan pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan yang cukup setelah dan sesudah berolahraga.

Untuk menghindari efek samping dari olahraga yang berlebihan, coba atur kembali jadwal olahragamu dan konsultasikan kepada trainer yang lebih berpengalaman. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE